Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menandatangani prasasti saat peresmian Pabrik Teh Kelor KIDOM, disaksikan Owner Tri Utami Jaya Nasrin H. Muhtar, MM dan pejabat terkait, Senin (11/1) pagi. (ist/lakeynews.com)

Doktor Zul: Industrialisasi Kelor Membuka Kesempatan Kerja Ratusan Orang

PERSIS sesuai rencana. Pabrik Teh Kelor (Moringa) terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), berstandar nasional dan internasional, akhirnya diresmikan.

Peresmian Pabrik Teh KIDOM milik CV. Tri Utami Jaya dilakukan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Senin (11/1) pagi.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua dan Wakil DPRD NTB, Rektor Muhammadiyah, Kadis Perindustrian, Kadis Perdagangan, Kadis LHK dan Kadis Tenaga Kerja.

Hadir juga ratusan undangan lainnya. Termasuk Presiden RAN Fondation Ir. Muhammad Ruslan (Dae Olan), mitra Tri Utami Jaya dan lainnya.

Ketika memberikan sambutan, Doktor Zul (sapaan Dr. H. Zulkieflimansyah), menegaskan bahwa salah satu kunci untuk menekan angka kemiskinan di NTB adalah hadirnya industrialisasi. Seperti industri teh kelor ini. Sehingga mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesejateraan bagi masyarakat.

“Untuk menyelesaikan kemiskinan itu banyak cara. Salah satunya dengan industrialisasi,” kata Doktor Zul di lokasi Pabrik Teh Kelor Tri Utami Jaya yang berkedudukan di Sweta, Kota Mataram itu.

Menurut Gubernur Zul, industrialisasi itu bukan hanya pabrik besar yang berkapasitas ratusan hingga ribuan orang. Namun sederhana dilakukan oleh orang-orang yang sederhana dan memiliki semangat dan tekad.

Seperti industrialisasi kelor ini, mampu membuka kesempatan kerja bagi ratusan orang (warga) di NTB.

Di NTB, bukan hanya kaya potensi kelor. Namun, masih banyak potensi sumber daya alam lainnya.

Bila potensi lain mampu dikembangkan dan dibangun industrialisasi, akan banyak membuka peluang dan kesempatan kerja bagi masyarakat NTB.

Owner Tri Utami Jaya Nasrin H. Muhtar, MM menunjukkan kepada Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah beberapa hasil produk yang berbahan baku daun kelor. (ist/lakeynews.com)

Nasrin H. Muhtar: Sudah Melanglang ke 13 Negara

Sebelumnya, Owner Tri Utami Jaya, Nasrin H. Muhtar, MM, merasa bangga dan mengapresiasi kehadiran Gubernur dan sejumlah pihak di acara peresmian Pabrik Teh Kelor KIDOM itu.

Pria kelahiran Kilo, Dompu yang kerap disapa Doktor Jamu itu mengaku, sering dipesan Doktor Zul, bahwa “perjalanan panjang selalu dimulai dari langkah awal”.

“Ini sesuai dengan proses perjalanan usaha kami lebih kurang 27 tahun,” urainya.

Dijelaskan Nasrin, saat ini, usaha jamu dan kelornya sudah melanglang ke 13 negara.

Industri kelor yang ia bangun sekarang sudah menyerap 50 tenaga kerja dan ratusan tenaga kerja di lahan penyuplai bahan bakunya.

Perusaannya juga telah menjalin MoU dengan 17 mitra petani di Pulau Lombok dan Sumbawa, dengan luas lahan sebanyak 150 hektare. (zar)