Sejumlah mahasiswa non reguler STIKES Yahya Bima, pekan lalu melakukan penyuluhan Tanaman Obat Keluarga di Dompu. (ist/lakeynews.com)

Mahasiswa Non Reguler STIKES Yahya Bima Lakukan Penyuluhan

DOMPU, Lakeynews.com – Sejumlah mahasiswa non reguler STIKES Yahya Bima – Dompu, pekan lalu melakukan penyuluhan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Kegiatan yang berlangsung di Puskesmas Parapimpi Kelurahan Potu Kecamatan Dompu ini, selain ikut mendukung program pemerintah menjadikan desa dan kelurahan menjadi kampung sehat diera new normal, juga membantu kinerja Puskesmas Dompu Kota.

Hadir dalam kegiatan itu, petugas dari Puskesmas Dompu Kota, sejumlah ketua RT dan puluhan warga setempat.

Koordinator Kegiatan Penyuluhan TOGA, Mulyadin Amd.Kep, mengatakan, sebelum melakukan penyuluhan, sejumlah mahasiwa Stikes Yahya Bima memberikan edukasi mengenai tata cara kegiatan Posyandu ditengah pandemik.

Antara lain, menjelaskan cara mencuci tangan yang benar, menggunakan masker, membawa sarung sendiri bagi yang memiliki balita dan cara lain dalam pencegahan Covid-19.

Penyuluhan ini untuk mengenalkan warga masyarakat Kelurahan Potu tentang modifikasi lingkungan rumah menjadi Taman TOGA. “Sehingga nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri,” papar pria yang juga Sekretaris Puskesmas Dompu Kota ini.

Disamping itu, Taman TOGA akan mampu menjadikan lingkungan pemukiman yang sehat, melestarikan budaya dan tentunya akan sangat membantu penghasilan keluarga.

Hal ini sejalan dengan kebijakan New Normal yang akan dilakukan pemerintah. Salah satunya, penilaian kampung sehat.

Kegiatan tersebut, selain tugas perkuliahan juga bentuk partisipasi mahasiswa non reguler STIKES Yahya asal Kabupaten Dompu terhadap kegiatan pemerintah dan Puskesmas Dompu Kota menuju kampung sehat yang sudah mulai dinilai.

“Kami sangat berharap partisipasi masyarakat melalui pemanfaatan lingkungan rumah dengan tanaman yang bermanfaat,” harapnya.

Kegiatan penyuluhan ini juga disambut baik dan rasa syukur oleh masyarakat. Hal itu terbukti, seperti yang disampaikan Ketua RT 15 RW 008 Kelurahan Potu H. M. Saleh A. Lepong.

Dia mengapresiasi dan berterima kasih pada mahasiswa STIKES Yahya Bima Dompu yang telah melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang TOGA.

“Kami merasa bangga dikunjungi oleh mahasiswa STIKES Yahya Bima di Posyandu ini dan memberikan informasi bagaimana cara pemanfaatan pekarangan rumah menjadi taman TOGA,” ucapnya.

Menurutnya, hal ini sekaligus dapat memotivasi masyarakat untuk menyiapkan perkarangan yang bermanfaat. “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas demi mewujudkan Dompu sehat,” tuturnya. (zar)