Kepala Pelaksana BPBD NTB H. Ahsanul Khalik. (ist/lakeynews.com)

MATARAM, Lakeynews.com – Bukan hanya Kadis Kesehatan dan Kadis Kominfostik, Kepala Pelaksana BPBD H. Ahsanul Khalik selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid19 NTB pun menegaskan, sampai saat ini NTB masih negatif corona.

“Berdasarkan hasil komunikasi dan koordinasi kami dengan BNPB, sampai dengan saat ini belum ada (warga di NTB) yang positif corona,” tegas Ahsanul dalam jumpa pers di Mataram, Senin (23/3) sore.

Semua informasi yang berkembang di tengah masyarakat, menurutnya, tidak benar. “Pak Gubernur sudah memerintahkan, kalau ada data baru tidak boleh ada yang ditutup-tutupi,” kata AKA, demikian biasa disapa.

Namun demikian, NTB tetap diberikan warning, mengingat penyebaran Covid19 begitu cepat.

Lebih jauh dia mengungkapkan, pihaknya tengah mengupayakan penguatan peran komunitas untuk menghadapi skenario terburuk dari penyebaran Covid19 ini.

Antara lain, melalui peningkatan peran tokoh masyarakat, seperti guru dan Ormas-ormas untuk melakukan sosialisasi.

“Kita berharap masyarakat betul-betul memperhatikan edaran pemerintah untuk dilaksanakan. Terutama dalam mengadakan kegiatan yang mendatangkan orang banyak,” imbuhnya.

Terkait Alat Pelindung Diri (APD) sambung AKA, BNPB mengirim ke Panglima Kodam IX/Udayana. Nanti, Kodam yang akan mendistribusikan ke daerah, termasuk ke NTB. “Itu sesuai dengan perintah Presiden,” tandasnya.

Sedangkan kepada para wartawan, Ahsanul berharap agar menjadi ujung tombak. “Terutama dalam penyampaian informasi,” ujarnya. (zar)