Festival Teater dan Tari Pelajar Se-Kabupaten Dompu

DOMPU – Festival Teater dan Tari Pelajar Se-Kabupaten Dompu yang diselenggarakan Komunitas Teater Dompu bekerja sama dengan Dinas Budpar Dompu, 14-17 Maret 2023, berlangsung sukses.

Tim Teater MAN Dompu saat tampil pada Festival Teater dan Tari Pelajar Se-Kabupaten Dompu, di Paruga Samakai, 14-17 Maret 2023. (tim/lakeynews.com)

Festival yang dipusatkan di Paruga Samakai dan mengusung tema “Nggahi Rawi Pahu Berkesenian” itu diikuti peserta dari SMA/SMK/MA untuk Teater dan SMP/MTs untuk Tari. Mereka memperebutkan piala bergilir Bupati Dompu.

Hasilnya?
Untuk Teater, MAN Dompu merebut posisi sebagai Penyaji I. Berikut SMKN 1 Dompu sebagai Penyaji II dan SMAN 1 Dompu sebagai Penyaji III.

Sedangkan Tari, Juara I disabet SMPN 1 Manggelewa, Juara II diraih SMPN 3 Dompu A dan SMPN 1 Pajo Juara III. Kemudian berturut-turut; SMPN 1 Woja B (Harapan I), SMPN 4 Dompu (Harapan II), SMPN 2 Manggelewa (Harapan III), dan Favorit Juri SMPN 5 Satap Kempo.

Diketahui, Festival Teater dan Tari Pelajar ini merupakan kali kedua dilaksanakan. Kali pertama kali digelar Dinas Budpar di Lapangan Karijawa pada 2022 lalu.

Festival dibuka oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Partai dan ditutup oleh Bupati diwakili Staf Ahlinya, Khairul Insan.

Salah satu tujuan kegiatan itu, menurut Ketua Panitia Festival Muhammad Pujangga untuk membantu menekan angka kriminalitas di Dompu yang makin tinggi.

Ketua Panitia Festival Teater dan Tari Pelajar Se-Kabupaten Dompu Muhammad Pujangga. (tim/lakeynews.com)

“Lewat kesenian ini memberikan ruang bagi para pelajar untuk berkarya. Selain melakukan aktivitas yang bermanfaat, peserta juga ikut melestarikan budaya. Kami ingin para pelajar memahami filosofi moto daerah lewat kesenian,” ujarnya.

Pujangga berharap, para pelajar juga menjadi lebih berkarakter dan menjadi pribadi yang lebih matang dalam menghadapi kehidupan. Membuat kegiatan positif, sehingga lahir seniman berbakat yang bisa membanggakan Dompu hingga di tingkat nasional.

“Kurikulum Merdeka pendidikan karakter sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantoro, kodrat alam dan kodrat zaman,” tuturnya pada Lakeynews.com. (tim)