Suasana Rakor pelaksanaan GIM yang dipimpin Kabid PAUD-Dikmas Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Muhammad Sadik, S.Pd didampingi Kasi Kurikulum dan Penilaian Muhammad Ihsan, S.Ag. (tim/lakeynews.com)

Kabid PAUD-Dikmas Dikpora Pimpin Rakor Persiapan

DOMPU, Lakeynews.com – Program Nasional Gebyar Indonesia Membaca (GIM) Tingkat Kabupaten Dompu akan segera dicanangkan. Direncanakan, pencanangannya dilakukan Bupati Dompu “Aby” Kader Jaelani (AKJ).

“Kalau tidak ada hambatan, Insya Allah pencanangannya kita harapkan dilakukan oleh Pak Bupati pada awal-awal November depan,” kata Kabid PAUD-Dikmas Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Muhammad Sadik, S.Pd.

Hal tersebut disampaikan Sadik pada Lakeynews.com usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan GIM di Ruang Kabid PAUD-Dikmas, Kamis (14/10).

“Kita akan berkoordinasi dulu dengan pak Bupati, terutama menyangkut kesiapan waktu Beliau,” sambung Sadik didampingi Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang PAUD-Dikmas Muhammad Ihsan, S.Ag.

Rakor tersebut melibatkan beberapa OPD, pegiat literasi dan stake holder terkait. Masing-masing Dinas Dikpora, Dinas Perpustakaan, Dinas Kominfo, Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM), Forum PKBM, Pegiat Literasi; PT. STM dan media massa.

Pose bersama Kabid PAUD-Dikmas Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Muhammad Sadik, S.Pd dan Kasi Kurikulum dan Penilaian Muhammad Ihsan, S.Ag bersama peserta Rakor pelaksanaan GIM. (tim/lakeynews.com)

Rapat hari itu, kata Sadik, membahas persiapan-persiapan dan berbagai hal untuk pelaksanaan GIM. Selain itu, menghimpun gambaran rancangan awal topik dan kegiatan yang akan dibahas dalam workshop nanti.

“Rancangan awal tentang GIM itu sendiri. Berbagai ide, masukan, usul dan saran dalam rapat, kemudian dihimpun dan dijadikan konsep,” paparnya.

Dijelaskan Sadik, Program GIM merupakan salah satu upaya Pemda dalam menyosialisasi dan memfasilitasi masyarakat pegiat literasi di daerah ini untuk membangun komitmen terhadap pengembangan budaya baca (literasi).

Setelah Rakor pada Kamis itu, pekan depan akan dilakukan workshop. Pihaknya akan menyusun Rancangan Induk Pengembangan Literasi Masyarakat Kabupaten Dompu Tahun 2021-2025.

Rancangan itu, rencananya akan dipublikasikan juga ke media massa. “Publikasinya Insya Allah setelah dilakukan workshop dan menghasilkan rancangan induk itu,” sambungnya.

Sedangkan pada saat itu puncak dilakukan gebyar. “Termasuk pencanangan Desa Literasi dan lainnya,” ujar Sadik. (tim)