Juara I Lomba Paduan Suara, DWP SMAN 2 Dompu bersama Kepala Sekolah Drs. Nuryadin (atas). Dan, Juara I Lomba Kasidah, DWP SMKN 1 Dompu. (feri/lakeynews.com)

HUT Ke-22 DWP Unit Pelaksana SMA, SMK dan SLB Se-Kabupaten Dompu

DOMPU, Lakeynews.com – Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMAN 2 Dompu dan DWP SMKN 1 Dompu berhasil keluar sebagai jawara pada Lomba Paduan Suara dan Kasidah tingkat Kabupaten Dompu.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Paruga Samakai, Senin (4/10) itu, dilaksanakan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22 DWP Unit Pelaksana SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Dompu.

SMAN 2 Dompu merebut Juara I pada Lomba Paduan Sauara. Sedangkan SMKN 1 Dompu meraih Juara I pada Lomba Kasidah.

Selengkapnya berikut daftar juara pada dua mata lomba tersebut;

Lomba Paduan Suara

  1. Juara I SMAN 2 Dompu
  2. Juara II SMKN 1 Dompu
  3. Juara III SMAN 1 Dompu
  4. Harapan I SMAN 1 Pajo
  5. Harapan II SMAN 3 Dompu, dan
  6. Harapan III SMKN 1 Hu’u

Lomba Kasidah

  1. Juara I SMKN 1 Dompu
  2. Juara II SMAN 1 Dompu
  3. Juara III SMKN 1 Woja
  4. Harapan I Zona Manggelewa
  5. Harapan II SMAN 2 Woja, dan
  6. Harapan III SMAN 2 Dompu

Pantauan media ini, kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.30 Wita itu disaksikan Hj. Niken Saptarini Widyawati, istri Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Hadir dan membuka lomba tersebut, Kepala Cabang Dinas Dikbud Dompu Syarifuddin, S.Pd dan perwakilan DWP dari 24 sekolah di kabupaten.

Menurut Ketua Panitia Lomba Nurfuziah Syufiansur, kegiatan tahunan ini selain memperingati hari jadi DWP, juga menyeleksi peserta untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Desember mendatang.

“Juara satu pada masing-masing mata lomba nanti akan diutus ke provinsi pada tanggal 2-3 Desember,” jelas Nurfuziah pada Lakeynews.com, usai acara pembukaan.

Pose bersama panitia lomba, dewan juri dan Kepala Cabang Dinas Dikbud Dompu Syarifuddin, S.Pd (atas). Serta, peserta dari DWP SMAN 3 Dompu. (feri/lakeynews.com)

Sebagai penyemangat para peserta lomba, pihaknya mengambil enam pemenang. Mulai dari juara satu, dua, tiga, harapan satu, harapan dua hingga harapan tiga.

“Semua peserta yang juara (Juara I hingga Harapan III) mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan dana pembinaan,” papar Nurfuziah.

Lomba Paduan Suara terdiri dari 14 zona dan keterwakilan. Masing-masing; Zona Manggelewa, SMAN 2 Dompu, SMAN 1 Hu’u, SMKN 2 Dompu, SMKN 1 Hu’u, Zona Kilo, SMKN 1 Dompu, Zona Kempo, SMAN 1 Dompu, SMAN 3 Dompu, SMAN 3 Woja, SLBN Dompu, SMAN 1 Pajo dan SMAN 1 Woja.

Sedangkan Lomba Kasidah diikuti 10 sekolah. Pesertanya terdiri dari ibu guru PTT (pegawai tidak tetap) dan honorer yang tergabung dalam unit pelaksanaan dan zona.

Ke-10 peserta tersebut; SMAN 2 Dompu, SMKN 1 Woja, Zona Kilo, SMAN 1 Pekat, SMAN 2 Kilo, SMAN 1 Woja, SMAN 2 Woja, Zona Manggelewa, SMKN 1 Dompu dan SMAN 1 Dompu.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Cabang Dinas Dikbud Dompu Syarifuddin mengatakan, DWP merupakan aset negara dan pemerintah.

Dia berharap kepada semua anggota DWP lingkup KCD Dikbud Dompu supaya membangkitkan kembali semangat partisipasi DWP tahun 1973 sebagai acuan dan motivasi dalam keluarga maupun pekerjaan.

“Sebagai contoh, mereka harus ikut aktif berperan membantu suami baik pada lingkup OPD maupun pada kantor masing-masing,” jelasnya.

Sehingga, lanjutnya, kedepan tidak ada lagi ketertutupan antara suami dan istri. Baik dalam keluarga maupun pada lingkup pekerjaan dan kantor,” terang Syarifuddin. (fm/ayi)