Kepala UPTB-UPPD (Samsat) Dompu Bappenda Provinsi NTB Faruk. (ist/lakeynews)

Kepala Samsat Dompu: Berlaku 27 November sampai 30 Desember 2023

DOMPU – Kabar gembira bagi pemilik kendaraan bermotor (pribadi dan/atau badan) yang menunggak pajak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk Kabupaten Dompu.

Pj. Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi menerbitkan regulasi tentang Pemberian Insentif Pokok dan Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Regulasi itu berbentuk Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2023, tanggal 27 November 2023.

Kepala Samsat Dompu Faruk menjelaskan, pembebasan pokok dan denda PKB sebagaimana tertuang dalam Pergub 97/2023 dimaksud. “Pj. Gubernur NTB memberikan insentif berupa pembebasan pokok PKB di atas lima tahun untuk masa pajak tahun 2017 ke bawah, dan pembebasan denda PKB,” katanya pada Lakeynews, Selasa (28/11/23).

Kemudian, lanjut Dae Faruk (sapaan Faruk) pembebasan pokok dan denda PKB itu diberikan secara jabatan tanpa permohonan dari Wajib Pajak Tidak Melakukan Daftar Ulang (WP TMDU) melalui penyesuaian sistem informasi pajak daerah.

“Pemberian insentif ini berlaku sejak 27 November ini sampai 30 Desember 2023,” jelas kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPTB-UPPD) Dompu Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB itu.

Bagi yang merasa menunggak pajak kendaraan bermotor, Faruk menyarankan agar segera bayar pajak kendaraannya. “Mumpung lagi ada program gratis denda pajak kendaraan bermotor, manfaatkan dengan baik kesempatan ini,” imbuhnya. (tim)