Kabid Seni dan Budaya Disbudpar Kabupaten Dompu Zainal Afrodi, S.Pd, MM. Juga ketika menerima ucapan selamat dari Bupati Dompu “Aby” Kader dan Wakil Bupati H. Syahrul Parsan. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Salah seorang dari 130 pejabat eselon III dan IV yang terkena mutasi perdana pemerintahan Bupati Dompu “Aby” Kader dan Wakil Bupati H. Syahrul Parsan adalah Zainal Afrodi, S.Pd, MM.

Pria yang akrab disapa Ferry Afrodi dan Dae Ferry itu, kini dipercaya memangku jabatan Kabid Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Menggantikan Wahyo, S.Sos yang naik menjadi Sekretaris Disbudpar.

Sebelumnya, Dae Ferry menjabat Kabid Dikdas Dinas Dikpora. “Terima kasih kepercayaan Bapak Bupati dan Wakil Bupati atas jabatan baru,” kata Dae Ferry pada Lakeynews.com, Sabtu (25/9).

Dengan jabatan baru ini, Dae Ferry siap menyukseskan program Jara Pasaka menuju Dompu MASHUR. Yakni melalui Pengembangan Seni dan Budaya Lokal Dompu. “Budaya adalah Urat Nadi Peradaban,” tandasnya.

Dia juga siap menggali kekayaan seni dan budaya “ma ntoi” (yang lama, red) untuk melestarikan seni dan budaya daerah. Dae Ferry akan memulai rencananya dengan Program Seni dan Budaya Dompu Masuk Sekolah.

Program itu, menurutnya, bisa dijadikan mata pelajaran khusus muatan lokal di sekolah-sekolah. Anak-anak usia dini penting ditanamkan nilai-nilai seni dan budaya lokal. “Penting ditanamkan bahwa mereka memiliki kekayaan budaya,” ungkapnya.

Zainal Afrodi juga berjanji dan berkomitmen untuk siap menjadikan Seni dan Budaya Dompu sebagai Penyangga Wisata Nasional.

Caranya?

“Dengan menghidupkan kembali kelompok-kelompok pemerhati seni dan budaya,” jawabnya sembari mengharapkan dukungan dan bantuan dari para budayawan. (tim)