Pada hari penutupan MPLS, Kepala SMAN 3 Dompu M. Nur, S.Pd, memberikan penghargaan kepada lima peserta didik baru yang dinilai disiplin, berani tampil dan memiliki bakat. (ayi/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMAN 3 Dompu Tahun Ajaran 2021/2022, 12-14 Juli lalu, diisi dengan sejumlah kegiatan.

MPLS melalui tatap muka terbatas itu dilakukan di dalam dan luar ruangan dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Hari pertama, setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Wawasan Wiyatamandala.

Pematerinya, selain Kepala SMAN 3 Dompu M. Nur, S.Pd, beberapa pembina ekstra kurikuler dan guru, juga melibatkan pemateri dari luar. Yaitu dari pihak kepolisian dan Puskesmas.

Menurut Kepala Sekolah M. Nur, kehadiran perwakilan kepolisian di sekolah sangat berarti buat peserta didik baru. Disamping memberikan materi, juga memotivasi dan membina disiplin.

Peserta didik juga harus mengenal lebih dekat kepolisian. Memahami aturan-aturan, baik dalam kehidupan di sekolah maupun di masyarakat.

“Kehadiran polisi di sekolah penting. Termasuk memberikan pemahaman pada peserta didik tentang bahaya Narkoba,” papar M. Nur didampingi Guru Pembina OSIS Ida Faridah, S.Pd dan beberapa pembina lainnya.

Perwakilan kepolisian dan Puskesmas hadir menyampaikan materi pada MPLS di SMAN 3 Dompu. (ayi/lakeynews.com)

Kegiatan hari kedua, pematerinya dari Kepolisian. Yakni terkait dengan masalah Lalu Lintas, Taat Aturan dan Bahaya Narkoba.

Selain itu, Materi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta Pendidikan Karakter dari Guru PPKn dan Guru Agama.

Sedangkan pada hari ketiga, kegiatan diawali dengan senam bersama. Dilanjutkan dengan penyampaian materi dari utusan Puskesmas Dompu Barat terkait Kesehatan Reproduksi dan Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Kemudian penyampaian materi tentang kegiatan ekstrakulikuler di sekolah oleh pembina-pembina OSIS, Kepramukaan dan 7K Pembina Seni.

Selama kegiatan berlangsung, siswa terlihat sangat antusias mengikutinya. Mereka tampak senang dan riang. Terlebih dalam kegiatan tersebut diselingi Ice Breaking dan beberapa permainan.

Permainan dimaksud dimotori pembina ekstrakurikuler maupun Satgas OSIS yang bertugas mengawal dan memberikan contoh adik-adik kelasnya dalam masa MPLS.

Pada penutupan MPLS oleh kepala sekolah, dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada lima peserta didik baru yang dinilai disiplin, berani tampil dan memiliki bakat.

Serba-serbi MPLS di SMAN 3 Dompu:

Sejak pembukaan hingga akhir kegiatan MPLS di sekolah yang berkedudukan di Dompu timur itu berlangsung lancar, aman dan sukses. (ayi)