Dari kanan; Ketua TP-PKK Dompu Lili Suryani Kader Jaelani, Wakil Ketua TP-PKK Hj. Ida Faridah Syahrul Parsan, Ketua PA Moh. Mukrim, Camat Pekat Gunawan, SE, dan Kades Kadindi Barat Lalu Heri Hirawanto. (ory jeho/lakeynews.com)
Sidang Isbat Nikah yang dipimpin Ketua Dompu Drs. Moh. Mukrim, MH, di Aula Kantor Desa Kadindi Barat, Kecamatan Pekat, Jumat (25/6). (ory jeho/lakeynews.com)

Lili Suryani: Stop Nikah Siri

.

DOMPU, Lakeynews.com – Tim Pengerak (TP) PKK Kabupaten Dompu, NTB, menggandeng Kementerian Agama (Kemenag), Pengadilan Agama (PA) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), menggelar kegiatan Sidang Isbat Nikah di Desa Kadindi Barat, Kecamatan Pekat, Jumat (25/6).

Data yang diperoleh Lakeynews.com, sebanyak 27 pasangan nikah siri yang semuanya warga Desa Kadindi Barat mengikuti sidang Isbat Nikah yang berlangsung di kantor desa setempat.

Sidang Isbat Nikah itu dipimpin Ketua PA Dompu Drs. Moh. Mukrim, MH, disaksikan Ketua TP-PKK Dompu Lili Suryani Kader Jaelani dan pengurus lain, serta Kadis Dukcapil, beberapa pejabat terkait dan unsur Muspika Pekat.

Ketua TP-PKK Kabupaten Dompu Lili Suryani Kader Jaelani bersama awak Lakeynews.com di Labu Barat, Desa Nangamiro, Kecamatan Pekat. (ory jeho/lakeynews.com)

Ditemui media ini, Ketua TP-PKK Lili Suryani menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya riil TP-PKK Dompu dalam memperjuangkan hak-hak istri.

“Kedepan tidak ada lagi nikah siri di Kabupaten Dompu. Stop nikah siri,” imbuh wanita yang akrab disapa Umi Lilis, ketika santai di Labu Barat, Desa Nangamiro.

Terhadap 27 pasangan yang mengikuti sidang Isbat Nikah, lanjutnya, akan diberikan Buku Nikah, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara gratis.

Kegiatan sidang Isbat Nikah tersebut, jelas Umi Lilis, merupakan kegiatan perdana yang dilakukan TP-PKK Kabupaten Dompu. “Insya Allah semua desa di Kabupaten Dompu akan dilakukan kegiatan seperti ini,” janjinya.

Tim Penggerak PKK, ketua PA, Kadis Dukcapil dan lainnya pose bersama di Labu Barat, Desa Nangamiro, sebelum bertolak ke Pulau Satonda. (ory jeho/lakeynews.com)

Sementara itu, Ketua PA Dompu Drs. Moh. Mukrim, MH, juga pada Lakeynews.com mengatakan, kegiatan yang dilakukan bersama TP-PKK Dompu bertujuan mempermudah pelayanan pada masyarakat.

Menurutnya, kegiatan sidang seperti ini, lazimnya dilakukan di Kantor PA Dompu. Tapi, adanya program dari Tim Penggerak PKK, dapat dilaksanakan di desa.

“Tentu ini sangat membantu memberikan kemudahan kepada masyarakat,” katanya. (orj)