Kepala SMAN 1 Dompu Muhamad Ihsan, S.Pd. (dok/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Keluarga besar SMAN 1 Dompu patut berbahagia. 38 alumni yang tamat 2021 ini berhasil masuk ke sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN).

Ke-38 siswa dari berbagai jurusan lolos melalui jalur tes/Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Termasuk tiga orang diantaranya lulus di kedokteran; dua oang di Fakultas Kedokteran Unram dan satu orang di Fakultas Kedokteran Undip.

Diketahui, UTBK SBMPTN itu berlangsung pada April lalu, mulai pertengahan hingga akhir bulan. Sedangkan pengumumannya, 4 Juni  2021 lewat akun masing-masing siswa.

“Kami mengetahui setelah mengecek ke para siswa. Sebenarnya, sampai hari ini, masih ada beberapa siswa yang belum menginformasikan kepada kami. Jadi, 38 orang tersebut yang sudah jelas,” kata Kepala SMAN 1 Dompu Muhamad Ihsan, S.Pd, pada Lakeynews.com, Selasa (22/6).

Lebih jauh dijelaskan Ihsan, dari 38 alumni yang lolos masuk sejumlah PTN tersebut, 28 orang diantaranya diterima Unram dengan berbagai jurusan. Selebihnya (10 orang), diterima di Unhas, ITB, Undip, UNM, Poltekes Jogja, Poltekes Mataram dan Unibraw.

Daftar nama 30 orang itu, Prodi/Jurusan dan Universitas yang menerima mereka, lihat tabel di bawah ini;

Daftar nama alumni SMAN 1 Dompu yang berhasil masuk ke berbagai perguruan tinggi negeri. (Sumber data: Muhamad Ihsan, S.Pd)

Yang membanggakannya, karena selama ini sangat jarang lulusan SMAN 1 Dompu lulus ke Kedokteran lewat jalur Tes atau UTBK. Kecuali, jalur Raport dan Mandiri. “Karena Tes atau UTBK ini luar biasa ketatnya. Passing grade dan peminatnya juga tertinggi,” ujar Ihsan.

Di Kedokteran Unram sendiri, menurut Ihsan, hanya tiga orang dari Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima yang lulus lewat jalur tes UTBK ini. “Dua orang dari SMAN 1 Dompu dan satu orang dari SMAN 1 Kota Bima,” paparnya.

Terhadap capaian eks peserta didik SMAN 1 Dompu, Ihsan mengaku sangat bangga dan optimis. “Dengan belajar lebih giat dan motivasi dari alumni, kedepan, Insya Allah siswa SMAN 1 Dompu pasti bisa lebih banyak lagi yang lulus,” tandasnya. (ayi)