Bupati Dompu “Aby” Kader Jaelani saat memberikan sambutan pada acara Pelepasan Perdana Kapal Tol Laut KM Camara Nusantara 4, di Pelabuhan Kelas III Calabai, Senin (21/6). (ory jeho/lakeynews.com)

Lepas Perdana, Bupati Dompu: Kita tidak Lagi Kirim Ternak melalui Pelabuhan Bima

(Kerja Sama Dinas Kominfotik Kabupaten Dompu dengan Lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Kapal Tol Laut KM Camara Nusantara 4 “Khusus Ternak”, kini resmi beroperasi. Itu setelah Bupati Dompu “Aby” Kader Jaelani (AKJ) melakukan pelepasan perdana di Pelabuhan Kelas III Calabai, Senin (21/6).

Kegiatan pelepasan itu dihadiri Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, Ketua DPRD Andi Bachtiar, Dandim Letkol Ali Cahyono, Kapolres AKBP Syarif Hidayat dan para pimpinan OPD dan Muspika. Hadir juga Kadis Pertenakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB drh. Khairul Akbar.

“Setelah resmi beroperasinya Tol Laut KM Camara Nusantara 4 ini, Dompu (kita) tidak lagi mengirim ternak keluar daerah melalui Pelabuhan Bima,” kata Bupati AKJ ketika memberikan sambutan.

Hal itu juga berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan (Menhub) melalui Dirjen Perhubungan Laut, bahwa Pelabuhan Kelas III Calabai di Kabupaten Dompu telah memenuhi syarat dan stantar keamanan sebagai pelabuhan pengiriman ternak.

“Rasa bangga dan bahagia kami yang luar biasa dengan hadirnya Tol Laut di Pelabuhan Calabai ini,” ujar Bupati.

Semua ini, lanjutnya, tidak lepas dari kerja keras semua pihak, sehingga Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Laut merealisasikan bahwa Kabupaten Dompu memiliki pelabuhan pengangkut ternak sendiri.

Bupati Dompu “Aby” Kader Jaelani, Ketua DPRD Andi Bachtiar, Wabup H. Syahrul Parsan dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah sebelum acara Pelepasan Perdana Kapal Tol Laut KM Camara Nusantara 4. (ory jeho/lakeynews.com)

Bupati berharap, Tol Laut Khusus Ternak dimanfaatkan tidak hanya untuk pengangkutan ternak pada musim hari raya kurban. Tetapi terus dimanfaatkan untuk pengiriman ternak dan komoditi lainnya ke luar daerah.

“Hari ini, sebagai pelepasan perdana, sekitar 500 ekor sapi yang dikirim dari Pelabuhan Calabai menuju Pelabuhan Tanjung Periok, Jakarta,” ungkapnya.

Kepala Unit Pelabuhan Kelas III Calabai Hani Mamengko, SH, M.Si, mengatakan, Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Laut sudah merealisasikan angkutan ternak melalui Pelabuhan Calabai.

Senada dengan harapan Bupati AKJ. Hani Mamengko mengatakan, Kemenhub juga berharap agar Pemkab Dompu memanfaatkan Tol Laut ini untuk mengirim ternak tidak hanya pada saat hari raya kurban, tetapi juga dimanfaatkan untuk pengiriman ternak secara terus menerus.

Pantauan Lakeynews.com, pelepasan Tol Laut diawali dengan pemecahan kendi oleh Ketua DPRD Andi Bachtiar, disaksikan para pejabat dan undangan yang hadir. Hal itu menandai dimulainya operasi Kapal Tol Laut KM Camara Nusantara 4 Khusus Ternak di Pelabuhan Kelas III Calabai. (orj/adv)