Saat Bupati Dompu “Aby” Kader Jaelani, Ketua DPRD Andi Bachtiar dan Kadishub Ir. Syarifuddin, rapat dengan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Raden Agus H. Purnama didampingi Direktur Lalu Lintas Angkutan Perhubungan Laut Antoni Arif. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Meski belum ada refleksi dan evaluasi kritis tentang capaian 100 hari pemerintahannya, Bupati Dompu “Aby” Kader Jaelani dan Wakil Bupati H. Syahrul Parsan (AKJ-Syah) terus menggebrak.

Terobosan demi terobosan dilakukan dalam upaya mewujudkan berbagai program yang diusung pemerintahan berjargon JARA PASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan).

Teranyar, Bupati AKJ bersama Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, Amd.Par, didampingi Kadishub Ir. Syarifuddin, menemui pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI di Jakarta, Senin (7/6).

AKJ, Andi dan Syarif yang ditemani salah seorang pejabat asal Dompu di salah satu kementerian, Edi Susilo, melakukan rapat dengan Dirjen Perhubungan Laut Raden Agus H. Purnama didampingi Direktur Lalu Lintas Angkutan Perhubungan Laut Antoni Arif.

Apa saja yang mereka bahas dan bagaimana hasilnya?

Bupati AKJ belum dikonfirmasi. Namun, Ketua Dewan Andi Bachtiar, mengungkapkan pertemuan tersebut membahas sejumlah hal. Hasilnya diyakini akan berdampak pada kemajuan Dompu yang lebih baik.

“Alhamdulillah, (hasil pertemuan dan rapat) positif buat Dompu,” jelas Andi melalui jaringan pribadi (Japri) WhatsApp-nya pada Lakeynews.com, Senin siang.

Bupati, ketua DPRD dan Kadishub Dompu pose bersama Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub didampingi Direktur Lalu Lintas Angkutan Perhubungan Laut, usai pertemuan di Kemenhub RI. (ist/lakeynews.com)

Menurut Andi, sebagai orang baru menjabat Dirjen Perhubungan Laut, Raden Agus H. Purnama mengatakan siap membantu Dompu. “Beliau (Raden Agus H. Purnama, red) mengapresiasi kehadiran kami,” tandasnya.

Representasi keseriusannya membantu Dompu, lanjut Andi, dalam pertemuan itu Raden Agus menyampaikan sejumlah hal, termasuk saran dan masukan kepada Bupati, ketua DPRD dan Kadishub Dompu.

“Salah satunya, beliau menyarankan agar Pemda Dompu menambahkan kajian potensi yang akan menggunakan Pelabuhan Nusantara di Kilo,” sebut Andi.

Terkait wacana Tol Laut, Raden Agus mengarahkan agar Dompu tidak saja mengirim ternak, tetapi juga fokus pada pengiriman daging. Sehingga, ada siklus pengiriman, dan ketersediaan daging di Dompu selalu ada.

“Tentu saja dengan tetap memperhatikan kualitas daging dan memastikan melalui proses karantina dan dipotong lewat rumah potong hewan (RPH),” ujar Raden Agus dikutip Andi Bachtiar.

Bukan itu saja. Raden Agus pun menyarankan agar Pemda Dompu membentuk koperasi yang akan menyiapkan ternak berkualitas. Terkait hal ini, Pemda dapat bekerja sama dengan pihak swasta yang ada di Jakarta, sesuai hasil lobi Bupati AKJ sebelumnya.

“Dengan demikian, program JARA PASAKA bisa sejalan dengan program dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Perhubungan,” papar Andi. (won)