Kepala SMKN 1 Manggelewa A. Yarid, ST (dua dari kanan) mendampingi Drs. Muhammad Gunawan, M.Pd (pegang mic) membuka Bimtek Peningkatan Kualitas dan Profesional Guru Berbasis IT Penggunaan Aplikasi E-Learning dan Ujian Online CBT. (ist/lakeynews.com)

Yarid: Kita Ingin Semua Guru dan Tata Usaha tidak Gaptek

.

DOMPU, Lakeynews.com – SMKN 1 Manggelewa, Dompu – NTB, akhir pekan lalu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas dan Profesional Guru Berbasis IT Penggunaan Aplikasi E-Learning dan Ujian Online Computer Basic Test (CBT).

Kegiatan yang dipusatkan di salah satu ruangan sekolah itu berlangsung dua hari, 21-22 Mei 2021. Pesertanya, semua guru dan tata usaha SMKN 1 Manggelewa.

Bimtek dibuka Kepala Cabang Dinas Dikbud Dompu Drs. Muhammad Gunawan, M.Pd dan dihadiri Pengawas Pembina.

“Tujuan utama kami melaksanakan Bimtek penggunaan aplikasi E-Learning dan Ujian Online CBT ini untuk membantu (ikut) menyukseskan pendidikan,” kata Kepala SMKN 1 Manggelewa A. Yarid, ST, pada Lakeynews.com, Senin (24/5).

Para guru dan tata usaha SMKN 1 Manggelewa antusias mengikuti Bimtek Peningkatan Kualitas dan Profesional Guru Berbasis IT Penggunaan Aplikasi E-Learning dan Ujian Online CBT. (ist/lakeynews.com)

Diketahui, Progran E-Learning dibawah Jurusan Multimedia yang diketuai Juluadin, S.Pd. Pria ini merupakan Guru Produktif Multimedia di sekolah itu.

Menurut Yarid, melalui kegiatan itu, ada sinergitas antara kebijakan Dinas Dikbud dengan sekolah dalam MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). “Dengan demikian, capaian-capaian dapat dilakukan secara optimal,” paparnya.

Bukan itu saja. Bimtek tersebut bertujuan keseragaman PTK (Penelitian Tindak Kelas) memahami teknologi, sehingga dalam menjalankan Tupoksi tidak terkendala atau Gaptek (gagap teknologi).

“Kita ingin semua guru dan tata usaha di SMKN 1 Manggelewa ini tidak Gaptek, karena tuntutan era 4.0 semua berbasis teknologi. Nah, sekolah harus siap dari sisi SDM-nya,” tegas Yarid. (tim)