Pengamat Pariwisata yang juga mantan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi NTB Taufan Rahmadi. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Pengamat Pariwisata yang juga mantan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Taufan Rahmadi, mengingatkan pentingnya berwisata secara aman dan sehat, meski di tengah kondisi pandemi begini.

Untuk hal itu, dia menegaskan, wisatawan maupun pengelola destinasi wisata harus memiliki paradigma responsible traveler. “Artinya, harus ada rasa tanggung jawab terhadap keamanan pribadi maupun destinasi yang dikunjungi,” katanya pada Lakeynews.com, Senin (10/5) malam.

Pada sisi lain, Taufan mendorong para wisatawan agar mencari tempat berlibur yang relatif sepi, pengunjung dibatasi, tetapi pelayanannya tetap maksimal. Misalnya, wisata alam seperti kawasan hutan dan pantai.

“Kesadaran seperti ini penting untuk meminimalkan potensi tertular Covid-19,” imbaunya.

Menurutnya, tren berwisata sekarang itu bukan lagi mass tourism, tetapi quality tourism. Kalau Taufan jadi wisatawan, dia akan mencari tempat-tempat yang tidak cenderung ramai orang.

“Kalau saya lebih ke yang privat, premium tourism. Saya tidak ingin pergi berwisata tapi adanya kerumunan,” tandasnya. (tim)