Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom, pose bersama pengurus DPC MOI Dompu, usai silaturahmi di Makodim, Kamis (26/11) siang. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Hingga Kamis (26/11) atau H-13 pemungutan suara Pilkada serentak 9 Desember 2020, belum ada satupun (nihil) personel Kodim 1614/Dompu yang diproses karena dianggap tidak netral.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tidak ada laporan mengenai adanya anggota saya yang terlibat politik praktis. Atau, dilaporkan karena mendukung salah satu Paslon Bupati/Wabup tertentu,” kata Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom.

Hal tersebut disampaikan Dandim disela-sela menerima kunjungan silaturahmi pengurus DPC Perkumpulan Perusahaan Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Dompu di ruang kerjanya, Kamis siang tadi.

Dandim Ali memastikan, seluruh anggota dan staf TNI di jajarannya tetap netral dan tidak memihak pada Paslon manapun. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang, bahwa TNI harus netral dan tidak terlibat politik praktis.

“Sekali lagi, saya pastikan bahwa semua anggota saya netral. Netralitas TNI adalah harga mati,” tegas Letkol Ali.

Menghindari adanya anggota TNI tidak netral dalam setiap momen politik –termasuk Pilkada 2020, Letkol Ali mengaku, di berbagai kegiatan dan kesempatan tetap memberikan arahan pada anggota dan jajarannya agar tetap menjaga netralitasnya.

Terkait pengamanan Pilkada, Letkol Ali menegaskan, pihaknya terus meningkatkan peranannya dalam mem-back up (membantu kepolisian).

Semua jajaran Kodim Dompu, termasuk para Babinsa di tiap desa (wilayah tugasnya), diimbau tetap fokus di lapangan. Misalnya dalam mengamankan tahapan demi tahapan Pilkada.

Selain itu, anggota TNI diimbau agar ikut juga dalam mengedukasi dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada yang aman dan damai. “Inilah yang kami lakukan sampai saat ini,” jelasnya.

Pengamanan pada hari H pencoblosan (9 Desember, red), pihaknya akan mengerahkan kekuatan sekitar Tiga Satuan Setingkat Peleton (3 SST). Termasuk para Babinsa.

“Kekuatan ini untuk mem-back up Polres Dompu. Jumlah ini sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya,” papar Dandim Ali.

Dandim mengharapkan kepada penyelenggara, peserta dan masyarakat agar Pilkada ini berjalan aman, damai, sehat dan bermartabat. “Mari kita laksanakan pesta demokrasi ini dengan damai dan sukacita,” ajaknya. (tim)