Hifzh Alquran Golongan 10 Juz, M. Maula Aqiyas berhasil mengharumkan nama Kabupaten Dompu dan Provinsi NTB umumnya pada MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020, di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. (ist/lakeynews.com)

Pemda Diharapkan Lebih Peduli Lagi pada Generasi Qurani Berprestasi

SALAH seorang generasi qurani Kabupaten Dompu, Provinsi NTB, berhasil mengharumkan nama daerahnya di tingkat nasional.

Dia adalah M. Maula Aqiyas. Pemuda yang akrab disapa Qiyas itu, putra kedua pasangan Muhammad Ihsan dengan Zakiah Darajat. Warga Lingkungan Bukit Larema, Kelurahan Simpasai, Kecamatan Woja – Dompu.

Qiyas sukses menjadi lima besar Cabang Lomba Hifzh Alquran Golongan 10 Juz pada MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020. Tepatnya, di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, belum lama ini.

Prestasi gemilang yabg diukir Qiyas tersebut, tentu membanggakan masyarakat dan daerah Dompu. Lebih-lebih bagi kedua orang tua dan keluarnya.

Betapa tidak. Dari semua cabang dan golongan lomba, Qiyas merupakan satu-satunya peserta Tahfidz asal Dompu yang berhasil menuju MTQ Nasional di Kota Padang.

Muhammad Ihsan berharap, prestasi lima besar nasional yang diraih Qiyas menjadi motivasi bagi generasi Dompu. Khususnya para calon hafidz Alquran agar lebih giat lagi.

“Sesungguhnya sumber daya manusia yabg dimiliki Kabupaten Dompu di bidang Tahfidz saat ini cukup banyak,” papar pria yang lebih dekat disapa Ihsan ini pada wartawan di kediamannya, beberapa hari lalu.

Dengan tidak bermaksud memuji putranya secara berlebihan, Ihsan menuturkan kepribadian Qiyas. Menurut, Qiyas adalah anak pendiam, sopan, santun dan sangat rajin belajar.

Qiyas juga sangat disayangi dalam keluarganya. “Kesuksesan yang dia dapatkan itu adalah hasil kerja keras dan giatnya belajar,” urai Ihsan.

Bagaimana perhatian pemerintah daerah terhadap pembinaan prestasi Qiyas? Apa harapan dan uneg-unegnya?

Mendengar pertanyaan itu, Ihsan hanya melempar senyum. Sesaat kemudian, Ihsan mengatakan, “perhatian dan kepedulian pemerintah daerah perlu lebih ditingkatkan lagi.”

Lebih dalam Ihsan berharap, Pemkab Dompu lebih memperhatikan dan peduli terhadap generasi-generasi qurani yang dinilai memiliki potensi untuk berprestasi.

Pemerintah seyogianya memberikan dukungan moral maupun materi (finansial) terhadap generasi-generasi dan tempat pembinaannya. Seperti fasilitas di tiap-tiap TPQ dan Rumah Baca Alquran di tiap desa dan kelurahan maupun daerah.

“Itu semua wadah untuk belajar, meningkatkan dan mengasah kemampuan para generasi penerus,” tegas Ihsan.

Banyaknya tempat belajar dan menghafal Alquran, seperti Rumah Tahfidz, TPQ, Pondok Tahfidz dan lainnya, Ihsan meyakini akan melahirkan Tahfidz-tahfidz luar biasa.

Muhammad Ihsan, orang tua Hifzh Alquran Golongan 10 Juz, M. Maula Aqiyas. (ist/lakeynews.com)

Tentu, sekali lagi dukungan dari pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk kemajuan dan keberlanjutan pencetakan para hafidz-hafidzah tersebut. “Sewaktu-waktu mereka bisa diutus dan mewakili daerah kita,” cetusnya.

Bukan itu saja. Kesejahteraan dan kemaslahatan para ustadz dan ustadzah, tenaga pengajar dan pendidik hafidz-hafidzah, juga tidak bisa dikesampingkan. “Tanpa mereka, mana mungkin para generasi qurani ini berprestasi dan membanggakan kita semua,” tegas Ihsan.

Qiyas, Satu dari Sembilan Utusan NTB yang Berprestasi

M. Maula Aqiyas merupakan salah satu dari sembilan utusan NTB yang meraih prestasi di ajang MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020.

Dari sembilan peserta itu, empat orang menjadi peserta terbaik, yakni:

  1. Riski Jumiati Qariah (Terbaik 1 Cabang Tilawah Alquran Golongan Tuna Netra),
  2. M. Zaitun Ridwan (Qari Terbaik 2 Cabang Tilawah Alquran Golongan Tuna Netra),
  3. L. Moh Khairurrazaq Alhafizi (Hafizh Terbaik 2 Cabang Hifzh Alquran Golongan 30 Juz), dan
  4. Sulistiawati (Qariah Terbaik 3 Cabang Qiraat Alquran Golongan Qiraat Murottal Dewasa.

Sementara lima peserta lainnya sebagai berikut;

  1. Gadis Eva Rofida (Qariah Harapan 2 Cabang Tilawah Alquran Golongan Anak Anak),
  2. Muhammad Alwi (Qari Harapan 3 Cabang Tilawah Alquran Golongan Remaja),
  3. Ahlul Hijar (Qari Harapan 1 Cabang Qiraat Alquran Golongan Qiraat Murottal Dewasa),
  4. Ahmad Qodri (Qari Harapan 3 Cabang Qiraat Alquran Golongan Qiraat Mujawwad Dewasa), dan
  5. M. Maula Aqiyas (Hafizh Harapan 2 Cabang Hifzh Alquran Golongan 10 Juz.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB H.L. Gita Ariadi selaku ketua LPTQ NTB hadir dan sempat menyaksikan langsung kafilah NTB berlomba.

“Kita hanya mengirim setengah dari kekuatan yang semestinya, 22 dari 56 orang. Tapi, kita mampu memperoleh juara. Alhamdulillah, sembilan orang dari 22 peserta meraih juara,” puji Lalu Gita. (tim)