Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK dan sejumlah pejabat terkait saat berkunjung ke lokasi bencana alam, Kecamatan Manggelewa, Senin (23/11). (ist/lakeynews.com)

* Hari Kedua, Kunjungan Bersama Bupati dan Pihak Terkait


* 45 Rusak, Lima Korban Luka-luka dari Tiga Desa

EMPATI dan rasa kemanusiaan tinggi ditunjukkan Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH, S.IK dan jajaran.

Betapa tidak, dua hari berturut-turut Pamen polisi dengan dua melati di pundak itu terjun ke lokasi bencana alam angin puting beliung. Mengunjungi korban dan lokasi kejadian di Kecamatan Manggelewa, Minggu dan Senin (22-23/11).

Namun, kunjungan pada hari kedua (23/11), Kapolres lakukan bersama Bupati Drs. H. Bambang M. Yasin, Kajari M. Abeto, SH, MH, Kalak BPBD Jufrin, ST, MM, Kadis PU Ir. Abdul Muis, Plt. Kepala Dikes Muhamad, SKM, N.Kes dan Kadis Sosial H. Tajuddin HIR.

Tampak beberapa Staf Ahli Bupati. Salah seorang diantaranya, H. Burhan, SH. Selain itu, Camat Manggelewa Drs. Ismail, Kapolsek Manggelewa IPTU Rodolfo M. DE Araujo dan Danramil Manggelewa Lettu Inf. Maturidi.

Diketahui, bencana alam hujan lebat disertai angin kencang pada Minggu (22/11) siang itu, menimpa tiga desa. Yakni Desa Lanci Jaya, Nusa Jaya dan Doromelo.

Namun yang paling parah Desa Lanci Jaya. Meski tidak ada korban jiwa, namun ada lima orang warga yang mengalami luka-luka.

Data warga yang terkena dampak angin puting beliung di Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu. (ist/lakeynews.com)

Sedangkan rumah yang rusak desa itu, ada 45 unit. Rinciannya; Dusun Woro Jaya 11 rumah, Dusun Sori Rae 21 rumah dan Dusun Mujur 13 rumah.

“Dari 45 rumah yang rusak itu, sebanyak 25 rusak berat, delapan rusak sedang dan 12 unit rusak ringan,” jelas Kades Lanci Jaya, Syahril M. Yasin, S.Pd.

Sementara di Desa Nusa Jaya terdapat enam rumah rusak ringan dan Doromelo juga sebanyak enam rumah rusak ringan.

Berikut korban luka-luka, dari lima orang tersebut, empat diantaranya dari Desa Lanci Jaya dan satu orang dari Desa Nusa Jaya.

Sebagai bentuk perhatian atas korban dan wilayah yang tertimpa musibah tersebut, Bupati, Kapolres dan sejumlah pihak terkait mengunjungi lokasi dan para korban.

Dalam kunjungan itu, Kapolres memberikan bantuan sekadarnya. Antara lain, mie instan 45 dus dan telur sebanyak 5 krak kepada warga yang mengalami kerusakan rumah.

Saat itu, Bupati mengimbau dan meminta para korban agar tetap sabar menghadapi ujian ini. Bupati menegaskan, Pemda tetap memberikan bantuan terhadap warga yang mengalami kerusakan rumahnya.

“Pemerintah daerah Kabupaten Dompu akan tetap memberikan bantuan,” kata Bupati sebagaimana dikutip Paur Subbag Humas Polres Dompu Aiptu Hujaifah.

Dari Desa Lanci Jaya, rombongan meninjau lokasi bencana alam di Desa Suka Damai.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK ketika terjun ke lokasi bencana alam, Kecamatan Manggelewa, Minggu (22/11). (ist/lakeynews.com)

Sehari sebelumnya, di sore hari H kejadian, Kapolres Syarif didampingi Kabag Ops AKP I Komang Astrawan, anggota Polres Dompu, anggota Polsek Manggelewa mengunjungi lokasi tersebut.

Dalam kunjungan itu, Kapolres beserta anggota sempat membantu warga dengan memasangkan terpal di atap rumah warga. Atap terpal itu untuk berteduh sementara, sembari menunggu bantuan dari Pemda.

“Kita harapkan warga, terutama yang menjadi korban, baik luka-luka maupun rusak rumah agar tetap bersabar dan ikhlas menghadapi cobaan ini,” imbuh Kapolres melalui Aiptu Hujaifah.

Kapolres juga memberikan semangat dan memotivasi warga. Jika membutuhkan bantuan apapun, kiranya bisa berkonsultasi dengan anggota yang stand by di lokasi.

Kepada segenap anggota Polres dan Brimob yang stand by di lokasi agar tetap semangat dan kompak membantu warga.

“Anggota diarahkan untuk bergotong royong royong membersihkan dan mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan,” papar Aby Zefa, sapaan Hujaifah.

(sarwon al khan)