Saat Aipda Ismi ikut amankan sidang sengketa Pilkada di Bawaslu (dua foto atas). Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK, mengunjungi Aipda Ismi di rumahnya. (ist/lakeynews.com)

Aipda Ismi: Terima Kasih Pak Gub, Terima Kasih Pak Kapolres

BEBERAPA hari terakhir, dunia maya viral dan dihebohkan seorang Polisi Wanita (Polwan) Polres Dompu.

Dia adalah Aipda Ismi Andri Nurwati. Sehari-hari sebagai Kanit Bintibmas. Media massa lumayan ramai memberitakannya.

Menarik karena menyangkut dedikasi. Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah pun memberikan apresiasinya.

Sampai-sampai gubernur membuat hingga dua kali status, khusus terkait dedikasi Aipda Ismi melalui akun FB pribadi.

Tidak sampai di situ. Selasa (6/10) pagi, gubernur bersama rombongan sempat mengunjungi Ismi dan keluarga di kediamannya, Kelurahan Doro Tangga, Kecamatan Dompu.

Kisah viralnya Polwan kelahiran Dompu, 23 Mei 1982 itu berawal dari dua statusnya di media sosial (medsos). Isinya, sama-sama menyangkut tugas sebagai aparat keamanan.

Status Ismi itu terkait momen pengamanan sidang sangketa Pilkada di Kantor Bawaslu Dompu. Dimana dirinya menjadi bagian dalam pengamanan tersebut.

Pada salah satu statusnya, Ismi mengunggah foto dia memangku putrinya sembari memegang HP. Ismi duduk di depan mobil Water Canon, di atas aspal tanpa tikar.

Satu status lagi, menyertakan foto Ismi yang tertidur di samping mobil tersebut.

Selain gambar, juga narasi-narasi di kedua status tersebut cukup menggugah simpati dan empati berbagai pihak.

Status-status dan foto-foto yang kemudian menjadi viral itu, awalnya diunggah di akun Facebook pribadi Ismi yakni “Ismi N’dre”.

Status pertama, dengan foto pendukung Polwan ini tertidur di samping mobil. Berikut kutipannya;

“Gak terasa Sudah weekend aja ternyata
Tapi,,,
Saat kalian lagi prepare malam mingguan bareng keluarga dan orang² kesayangan,
Kami masih di jalan,,
Saat kalian mencaci, kami hanya bisa terdiam,,,
Saat kalian menyerang,
kami hanya bisa menghindar,,,
Saat kalian punya sepuluh kesabaran,
kami harus punya seratus kesabaran,,,
Karna Yang kami tau hanya satu,
Kalian harus Aman,,,
Sampe kami lupa,
bahwa kami punya keluarga yg harus kami jaga juga,,,
Bahwa Kami punya anak² yg sering merengek minta di ajak jalan²
Tak apa,,, kami ikhlas,,,,
Bahagia kami, adalah melihat kalian Aman.

Postingan status kedua dan lebih viral lagi, Ismi menggambarkan kondisi yang tidak boleh meninggalkan tugas negara, namun anak juga harus dijaga.

Screenshot salah satu status Aipda Ismi Andri Nurwati yang viral di Medsos. (sarwon/lakeynews.com)

Status ini diunggah dengan foto Ismi yang tengah memangku anaknya. Berikut kutipan statusnya;

“Kalian tidak akan tau betapa beratnya menjadi seorang Polwan sekaligus seorang ibu, Tapi kami tak pernah mengeluh,
Kalian tidak tau betapa anak² kami tidak bisa tidur saat kami seharian tak pulang,,,
Tapi kami tak pernah protes,,,
Karna ini adalah konsekuensi yg harus kami terima,,,
Kami harus tetap menjadi wanita kuat Demi menjaga Kemanan kalian,,,
Dan kami juga harus menjadi ibu yang hebat buat anak² kami.”

Dikunjungi Gubernur NTB

Dua status Aipda Ismi cukup menyita perhatian nitizan jagat maya. Ratusan akun FB pun membagikan status-status tersebut, dengan beragam kata pengantarnya.

Tak ketinggalan, Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah pun ikut membagikannya. Bahkan, hingga dua kali melalui akun FB pribadinya.

Yang pertama, gubernur membagikan status Ismi yang kedua. Dalam statusnya, gubernur menuliskan, “Pak Kapolri, Pak Kapolda, Polwan kita di Dompu ini luar biasa!”

Sedangkan status keduanya, gubernur mengunggah screenshot status Ismi yang kedua dan foto Ismi yang memangku anak.

“Polwan kita di Dompu..
Dedikasi tiada tara..
Pound of you…,” demikian tulisan dalam status kedua gubernur.

Bukan itu saja. Selasa (6/10) pagi, orang nomor satu di Pemprov NTB ini mengunjungi Aipda Ismi di kediamannya, di Kelurahan Doro Tangga, Kecamatan Dompu.

Turut hadir Kapolres AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom dan dari dinas terkait.

Kehadiran gubernur disambut Ismi beserta suami dan anaknya. Kunjungan ini sebagai bentuk apresiasi gubernur terhadap etos kerja dan dedikasi Ismi.

Gubernur mengucapkan terima kasih atas dedikasinya untuk negara dan juga dalam menjaga keamanan daerah, hususnya Kabupaten Dompu. “Tetap semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Polwan,” pesan gubernur pada Ismi saat itu.

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah ikut buat status sebagai bentuk apresiasinya terhadap kinerja Aipda Ismi. (sarwon/lakeynews.com)

Atas kunjungan, apresiasi dan penghargaan gubernur tersebut, Ismi beserta keluarga mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya. “Terima kasih Pak Gub. Insya Allah, kedepannya kami akan lebih baik lagi dalam mengemban tugas sebagai insan Polri (Polwan),” ujar Ismi.

Ucapan yang sama juga disampaikan Ismi pada Kapolres Syarif Hidayat. “Tak lupa pula kepada pimpinan saya di Dompu (Kapolres Dompu, red), saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas dorongan dan motivasinya selama ini,” ujar Ismi.

Beberapa waktu sebelumnya, Ismi mengaku kaget mengetahui Gubernur Zul membagikan status dan memosting foto Ismi melalui akunnya.

“Terus terang, saya sendiri merasa kaget. Juga bangga. Tiba-tiba seorang gubernur memosting foto saya di sosmed-nya,” ujar Ismi pada Lakeynews.com.

Ismi menyampaikan, ucapan terima kasih Polwan dan anggota Polres Dompu atas apresiasi gubernur terhadap pelaksanaan tugas mereka.

“Sebagai Polwan sekaligus seorang ibu, kami harus mampu mengemban kedua tugas sekaligus,” tandas Polwan berhijab ini.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK, juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB yang memberikan atensi terhadap anggotanya.

Kapolres sangat berterima kasih atas respon gubernur, bahkan mengunjungi langsung pihaknya di Dompu. “Ini sangat luar biasa bagi kami,” ujar Kapolres.

“Semoga ini menjadi suntikan motivasi bagi seluruh personel Polres Dompu agar lebih maksimal dalam menjalankan tugas kepolisian,” harapnya.

Ketika menanggapi status Ismi yang viral di Medsos, Kapolres Syarif Hidayat pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh personelnya atas dedikasi dan loyalitasnya. Terlebih dalam menjalankan tugas, khususnya terkait pengamanan pilkada.

“Apa yang tertuang dalam cerita Aipda Ismi cukup mewakili komitmen kuat yang diemban seluruh anggota Polres Dompu,” paparnya sebagaimana dikutip Paur Subbag Humas Polres Aiptu Hujaifah.

(sarwon al khan)