Abon Tuna dan Krupuk Cumi hasil produksi siswa kelas XI dan XII Kompetensi Keahlian APHP SMKN 1 Kilo, dibawa pimpinan Drs. A. Landa. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Siswa kelas XI dan XII Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP) SMKN 1 Kilo, Kabupaten Dompu, melalui unit produksinya berhasil mengolah ikan tuna dan cumi menjadi berbagai jenis makanan.

Kepala SMKN 1 Kilo Drs. A. Landa menjelaskan, kegiatan unit produksi yang berjalan dibawa bimbingan Kompetensi Keahlian Ika Citria, S.Pi dan Kepala Unit Produksi Alfiatun, S.Pi ini sukses mengolah Ikan Tuna menjadi abon dan Cumi menjadi krupuk.

“Kedepan, kami juga akan membuat dendeng tuna,” kata pria berkumis tebal yang akrab disapa Guru Lendo ini pada Lakeynews.com, Rabu (16/9) pagi.

Kegiatan APHP yang dipantau Wakakur sekaligus Penanggung Jawab Produksi Sukarno, S.Pd.I, juga berencana memasarkan hasil olahannya secara online di berbagai wilayah.

“Insya Allah, kami akan mencoba memasarkan secara online,” tandas Guru Lendo.

Mewujudkan rencana tersebut, pihaknya akan melakukan beberapa kegiatan awal. Diantaranya, menyambangi sekolah-sekolah di Dompu dan Bima.

“Kami berencana akan mengunjungi SMK-SMK yang ada di Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima,” pungkas Lendo. (zar)