Kabid Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB H. Muhammad Fauzan, S.Ag, M.Pd. (zar/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB H. Muhammad Fauzan, S.Ag, M.Pd, mengatakan, pihaknya tengah melakukan penguatan kapasitas para kepala sekolah (Kasek).

Menurut Fauzan, Kasek (SMA) dituntut menjadi top manager di UPTD atau satuan pendidikan masing-masing.

“Capaiannya, bagaimana menciptakan suasana kerja yang harmonis,” ujarnya pada wartawan di sela-sela menghadiri suatu kegiatan di SMAN 1 Dompu, Selasa (28/7) sore.

Kadis Dikbud NTB, lanjutnya, mempunyai tujuan menciptakan pendidikan yang membanggakan di seluruh NTB. Hal ini akan mampu dicapai manakala tercipta suasana solid dan harmonis.

“Inilah yang kami sampaikan kepada semua KCD (kepala cabang dinas) dan para satuan pendidikan se-NTB,” tandasnya.

Fauzan mengimbau, para KCD agar rajin mendatangi Kasek di masing-masing sekolah. Ini sesuai dengan amanat Gubernur NTB yang wajib dilaksanakan.

“Seperti yang kami lakukan saat ini. Mengunjungi seluruh sekolah di NTB,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, mengingat ada upgrade Dapodik versi 2021 yang harus dituntaskan pihaknya dan Dapodik 2020, maka masuknya siswa (peserta didik) baru harus dimasukan dalam Dapodik. Sehingga, pada tahap berikutnya bisa terbayarkan dana BOS-nya.

“Kalau tidak di-upgrade tentu tidak bisa dibayar dana BOS tersebut,” terangnya.

Terkait dana BOS, Fauzan juga mengingatkan pihak sekolah, agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan sistem transparan dan lainnya. “Inilah yang harus kita terapkan,” tegasnya. (zar)