Ketua Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu Jufrin, ST, MT. (saudi/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu akan melakukan pengawasan terhadap 133 warga yang balik dari mengikuti Ijtima Dunia Zona Asia 2020, di Makassar, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Rencannya, Rabu (25/3) malam ini para jamaah tabligh akan berangkat dari Makassar menuju Pelabuhan Bima menggunakan kapal laut. Besok mereka tiba di Pelabuhan Bima.

“Kami bersama tim medis akan lakukan screening terhadap mereka. Pemeriksaan kesehatan ini akan dilakukan saat mereka sandar di pelabuhan,” ungkap Ketua Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu Jufrin, ST, MT pada Lakeynews.com.

Tidak hanya pemeriksaan kesehatan. Tim juga akan melakukan penjemputan terhadap sejumlah jamaah tersebut.

“Kalau dari hasil pemeriksaan, ternyata para jamaah tidak ditemukan gejala Covid-19, mereka akan langsung diantar ke wilayah kecamatan masing-masing,” jelaskan.

Namun, jika salah satu saja di antara para jemaah ditemukan gejala yang mengarah pada Covid-19, dipastikan mereka akan dikarantina.

“Untuk karantina kita sudah siapkan ruangan baru di RSUD Dompu. Saat ini, kita sedang melengkapi fasilitas pendukung,” ungkapnya.

Dia menambahkan, bersama rombongan jamaah tabligh Dompu, juga terdapat warga Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima dan warga Kabupaten Sumbawa Besar. Dia berharap, kepada pemerintah daerah dua wilayah tetangga tersebut dapat melakukan hal yang sama.

“Saya sudah koordinasi dengan Kalak BPBD Provinsi NTB untuk ini. Dan, Kalak akan segera berkoordinasi dengan pemerintah dua kabupaten itu untuk mengambil tindakan yang sama,” terangnya.

Seperti diketahui, ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Kabupaten Gowa untuk mengikuti Ijtima Dunia Zona Asia 2020. Namun, acara kemudian ditunda. Penundaan dilakukan karena Indonesia tengah berupaya mencegah penyebaran virus corona. (di)