Pelaksanaan pembangunan gedung baru TK Pertiwi ini direncanakan mulai Maret depan. (won/lakeynews.com)
Kepala TK Pertiwi Kecamatan Dompu Nurhayati, S.PdI (kiri) dan salah seorang guru TK terkait. (won/lakeynews.com)

 

DOMPU, Lakeynews.com – Setelah sekitar setahun yang lalu hampir merenggut korban, gedung Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, akan segera dibangun baru.

Rencananya, pembongkaran gedung lama dan pembangunan gedung baru TK tertua di Kabupaten Dompu ini dilakukan mulai Maret depan.

“Dananya sekitar Rp. 1 miliar yang bersumber dari APBD Dompu Tahun 2019/2020,” kata Kepala TK Pertiwi Kecamatan Dompu Nurhayati, S.PdI, pada Lakeynews.com di ruang kerjanya, Sabtu (22/2) pagi.

Diketahui, TK Pertiwi didirikan tahun 1975. Sudah beberapa kali pergantian pengurus yayasan dan kepala sekolah, serta pindah tempat.

Menurut Nurhayati, sejak tahun 1980-an TK ini memiliki gedung sendiri. Tepatnya, di Jalan Wirabhakti Nomor 3 Bada, Dompu.

Kemudian pada tahun 2004 dilakukan renovasi total. Sejak 2004 sampai sekarang hanya dilakukan pemeliharaan.

Namun, pada Januari 2019 terjadi gempa. Tiga lokal bangunan TK Pertiwi rusak berat. Atap-atapnya berjatuhan, tembok mengalami keretakan. Bahkan nyaris merenggut korban.

Sejak dilanda bencana alam gempa, aktivitas belajar mengajar khusus untuk tiga ruang kelas terpaksa di halaman belakang. Menggunakan tenda pinjaman dari Dinas Sosial Dompu.

“Proses kegiatan belajar mengajar di halaman belakang berlangsung sekitar setahun,” jelas Nurhayati.

Mulai Januari 2020 ini, pihak TK Pertiwi pindah sementara tempat KBM ke SMPN 4 Dompu. Meminjam tiga lokal di bagian belakang.

“Semua aktivitas TK Pertiwi Kecamatan Dompu untuk sementara di sini (bagian belakang SMPN 4 Dompu, red),” jelas wanita berhijab dan berkacamata ini.

KBM dan semua aktivitas TK Pertiwi di SMPN 4 Dompu berlangsung sampai pembangunan gedung barunya selesai.

Sampai kapan, dia mengaku belum mengetahui persis. “Informasi yang kami dengar, pengerjaan proyek ini ditangani pihak Dinas Dikpora Dompu,” jelasnya.

Namun demikian, Nurhayati sangat berharap, pelepasan siswa kelas B sekitar bulan Juni mendatang, dilakukan di gedung baru.

“Sekalian peresmian gedung. Itu harapan dari kita pihak sekolah,” kata mantan istri Kepala Desa O’o, Dompu Mustamin, SE itu. (won)

Aktivitas TK Pertiwi di hari terakhir pekan ini, Sabtu (22/2). (won/lakeynews.com)