Danrem 162/WB, Pamen Denma Mabesad dan Dandim 1614/Dompu. (asm/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Komando Resort Militer ( Danrem ) 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han dan Pamen Denma Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Kolonel Inf Piek Budiyato bersama rombongan, meninjau kegiatan karya bakti pembersihan sampah di lokasi pasar Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, Rabu (18/12).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD dan Infantri ke-71 Tahun 2019 yang terpusat di wilayah Kodim 1614/Dompu.

Pantuan Lakeynews.com, Danrem 164/WB dan Pamen Denma (Mabesad), didampingi Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S,Kom, Kasdim 1614/Dompu Mayor Czi Edi Gustaman, tokoh masyarakat dan agama serta kepala pasar Dompu.

Terlihat juga di lokasi, para
Danramil beserta jajaran anggota TNI, sejumlah anggota Brimbob, siswa pramuka, masyarakat dan lainnya terlihat membersihkan sampah sampah di saluran drainase dan sungai jembatan di sekitar lokasi pasar setempat.

Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han, mengatakan, pihaknya dari Korem 162/WB dan Kodim 1614/Dompu melakukan beberapa kegiatan dalam rangka Hari Juang TNI AD dan Infantri.

“Sesuai amanat Pangdam IX Udayana, kegiatan ini difokuskan di wilayah Kabupaten Dompu,” ujar
Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani di lokasi pasar Dompu, Rabu (18/12).

Maksud dan tujuannya, membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat Dompu dan mengenai masalah kebersihan. Menurutnya, berdasarkan hasil pantauan selama ini, dompu sering dilanda banjir.

“Untuk mengurangi dampak banjir menjelang musim hujan, saya memerintahkan Dandim 1614/Dompu dan jajarannya untuk melakukan pembersihan di lokasi yang terjadi penyumbatan – penyumbatan air khususnya di lokasi pasar dan tempat keramaian,” jelas Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani.

Kalau hal ini terus dilakukan, maka bisa dipastikan daerah dan masyarakat Dompu tidak dilanda banjir. “Itulah alasan kenapa kami melakukan kegiatan karya bakti pembersihan sampah,” terangnya.

kata Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, dalam rangka Hari Juang TNI AD dan Infantri pihaknya juga sudah melaksanakan berbagai kegiatan yakni penghijauan, rehab Masjid, donor darah, operasi bibir sumbing dan katarak.

“Tahun depan juga kita akan upayakan pelaksanakan kegiatan operasi katarak di pulau Sumbawa,” katanya.

Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani berharap kepada jajaran Korem 162/WB dan Kodim 1614/Dompu, lebih profesionalisme dengan tugasnya sebagai prajurit TNI AD.

“Kami berharap kedepan tercipta sinergi lebih erat dan hebat lagi antara masyarakat dan TNI khsusnya Kodim 1614/Dompu,” tuturnya.

ia juga berharap, masyarakat lebih nyaman dan percaya karena TNI adalah anaknya rakyat. “TNI dilahirkan dan dibesarkan oleh rakyat,” tandasnya.

Dilokasi yang sama, Pamen Denma Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Kolonel Inf Piek Budiyato, juga mengatakan, pihaknya dari Mabesad sengaja hadir di Kabupaten Dompu untuk meninjau berbagai kegiatan hari juang TNI AD dan hari Ifantri.

“Kami hadir untuk meninjau kegiatan Kodam IX Udayana khususnya Korem 162/WB yang dilaksanakan di Dompu,” ujarnya.

Kata Kolonel Inf Piek Budiyato, tadi Dandim 1614/Dompu sudah memaparkan sejumlah kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 16 Desember lalu. ia berharap dengan adanya kegiatan TNI ini bermafaat untuk masyarakat.

“TNI khususnya TNI AD tetap bersama dengan rakyat dalam membangun Negara Indonesia khususnya NTB dan Dompu,” katanya.

Sementara itu, perwakilan tokoh masyarakat Dompu, juga mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas kegiatan dan bantuan dari TNI khususnya Kodim 1614/Dompu.

“Kegiatan TNI sangat membantu kami masyarakat. Berkat TNI apa yang kami harapkan bisa terwujud,” katanya.

Masih dalam pantauan Lakeynews.com, terlihat Danrem 162/WB dan Pamen Denma Mabesad berjalan masuk di lokasi pasar. Mereka selain meninjau pekerjaan fisik seperti Masjid, juga sempat bertatap muka dan berbincang – bincang dengan para pedagang dan melakukan foto bersama.

Danrem 162/WB juga, terlihat secara langsung menyampaikan himbauan kepada pedagang untuk tetap menjaga kebersihan terutama di lokasi pasar. Usai ini pun, Danrem 162/WB bersama rombongan langsung bergerak menuju Pandopo Bupati Dompu. (asm)