Bupati Dompu H. “Aby” Kader Jaelani (AKJ) ketika memberikan sambutan sebelum menutup Dompu Expo 2024. (ist/lakeynews)

Gegap Gempita Penutupan Dompu Expo 2024 (2)

Suara Bupati Dompu H. “Aby” Kader Jaelani (AKJ) terdengar terbata-bata. Itu saat dia menyebut nama dan mengucapkan terima kasih secara khusus kepada dua pejabat eselon II. Yakni Kepala Bappeda dan Litbang H. Gaziamansyuri dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Abdul Muis.

PERISTIWA dan suasana itu terjadi tatkala AKJ memberikan sambutan sebelum menutup Dompu Expo 2024 di Lapangan Karijawa – Dompu, 30 Juli lalu.

Namun, sebelum menyebut nama Gaziamansyuri dan Abdul Muis, terlebih dulu AKJ menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang telah bersama-sama menyukseskan Dompu Expo.

Di antaranya, para anggota Forkopimda, Sekda Gatot Gunawan P. Putra, para pimpinan dan jajaran OPD (organisasi perangkat daerah), terutama OPD pengampu Program JARA PASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi, dan Ikan).

Baca juga: OPD Kompak, Fitnah Provokator Terbantahkan

Tak ketinggalan, spesial terima kasihnya kepada segenap panitia pelaksana tanpa terkecuai, dan seluruh elemen masyarakat yang mendukung kegiatan ini.

Mengapa AKJ mengucapkan terima kasih secara khusus dan mengaku terharu pada sosok Gaziamansyuri dan Abdul Muis?

Gaziamansyuri, akan segera memasuki masa pensiun. Informasi yang dihimpun media ini, pria yang akrab disapa Aba Syuri itu, akan purna tugas per 1 Oktober 2024. Atau, sekitar tiga bulan lagi.

Menurut Bupati AKJ, meski tak lama lagi akan memasuki purna tugas, Aba Syuri masih begitu luar biasa semangat pengabdiannya pada Kabupaten Dompu.

“Saya sungguh merasa terharu atas pengabdian yang dicontohkan oleh Pak Kepala Bappeda kepada kita semua. Terima kasih Pak Kaban (Gaziamansyuri, red),” ucap AKJ dengan suara bergetar dan terbata-bata.

Meski tiga bulan lagi pensiun, semangat pengabdian Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu H. Gaziamansyuri (Aba Syuri) masih membara menyukseskan Dompu Expo 2024. (kolase/lakeynews)

Keharuan AKJ juga pada Abdul Muis. Pak Daeng (sapaan akrab Abdul Muis) merupakan Koordinator Event Organizer (EO) Dompu Expo 2024.

Sayangnya, pada malam penutupan yang penuh dengan kemeriahan dan gegap gempita, Pak Daeng tidak tampak di arena. Kabarnya, saat itu, dia sedang berada di luar daerah.

Walaupun tidak ikut hadir pada acara penutupan, Bupati AKJ menganggap Pak Daeng sudah menunjukkan performa kinerja terbaiknya pada pemerintahan dan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu.

“Yang membuat saya bertambah semangat adalah ‘kembalinya’ dengan ikhlas abang saya Abdul Muis,” tutur AKJ, juga bernada haru dengan suara ke dalam.

AKJ lalu secara khusus menitipkan salam pada Pak Daeng. “Teman-teman, atau keluarga, mohon sampaikan salam saya kepada Beliau,” ucapnya.

Lontaran Bupati AKJ tersebut sempat mengagetkan sejumlah orang yang menghadiri kegiatan malam itu. Satu sama lain berbisik dan saling bertanya, apa gerangan yang membuat seorang Bupati sampai seperti itu.

Itu wajar saja dan dimaklumi. Pasalnya, Pak Daeng sempat “pergi” ke mana dan “kembali” dari mana sehingga muncul lontaran Bupati AKJ yang demikian, tidak ada yang mengaku tahu. Terlebih AKJ sendiri tidak menjelaskannya. Baik sebelum, saat, maupun sesudah kegiatan tersebut.

Kendati demikian, beberapa pengunjung menilai, bahwa Kader berkata dan melakukan hal itu menunjukkan (wujud) dirinya sebagai pemimpin yang rendah hati. Jantan mengapresiasi kinerja serta mengakui kelebihan pejabat-pejabat atau aparaturnya.

“Kalau orang tidak memiliki sifat rendah hati, tentu mungkin tidak akan mampu atau siap mengucapkan kata-kata seperti itu, di tempat dan di acara seperi itu,” kata salah seorang pengunjung pria yang hadir bersama istrinya di malam itu.

Sejurus kemudian, AKJ lalu seolah memberikan sedikit gambaran alasan melontarkan pernyataan yang maknanya sedikit “abu-abu” yang ditujukan pada Abdul Muis itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu Abdul Muis (Pak Daeng) bersama Bupati H. Kader Jaelani di arena Dompu Expo 2024. (kolase/lakeynews)

Menurut AKJ, Dompu Expo yang diawali dengan Karnaval Pesona Muna Pa’a yang dikoordinasikan Disbudpar, Muis dan segenap panitia dengan spektakuler menyukseskan event tersebut.

“Beliau mengajak seluruh OPD dan berbagai elemen masyarakat agar terlibat, meramaikan dan menyukseskan Karnaval Muna Pa’a,” ungkap lelaki yang juga ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Dompu itu.

Bupati AKJ kemudian menegaskan, “saya dan kita semua tidak berbicara politik pada momen ini.” Tapi, sesungguhnya, memang seperti itulah yang mesti dilakukan oleh seluruh jajaran pemerintah.

“Kita harus tetap kompak dan bersatu. Membangun daerah Dompu secara bersama-sama agar lebih maju,” sambungnya.

Tidak bisa hanya Bupati dan Wakil Bupati, atau hanya oleh pejabat tertentu saja. Tetapi butuh kebersamaan dan kekompakan semua unsur pemerintah bersama masyarakat.

“Tanpa dukungan semua unsur Forkopimda, pejabat, ASN, semua pihak dan masyarakat, maka apa yang dihajatkan Pemda tidak akan mungkin berhasil dan dicapai dengan maksimal,” tandasnya.

“Terima Bacabup/Bacawabup Sempat Mengunjungi Dompu Expo”

Sebelum mengakhiri sambutan dan menutup Dompu Expo, tanpa disangka, AKJ mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang sempat hadir serta menjenguk Dompu Expo.

AKJ menilai itu sebagai hal yang baik. Menunjukkan kedewasaan bakal calon pemimpin Dompu. “Kami memandang, itu sangat positif,” ujarnya.

Katakan nanti, semisal “penantang” AKJ pada Pilkada Dompu 2024 itu terpilih sebagai Bupati/Wabup Dompu, sudah melihat dan mengetahui apa saja yang sudah dilakukan pemerintah saat ini.

“Kemudian (kalau ada) kekurangannya, bisa ditambal sulam. Sehingga nanti, daerah kita, Dompu tercinta ini menjadi daerah yang terbaik,” cetusnya. (bersambung/tim/*)

Sumber foto: Tim Lakeynews, Tim Media SMKN 1 Dompu, dan Tim Prokopim Setda Dompu.