Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, saat mengunjungi Pimpinan Ponpes Al-Islahuddinny TGH. Muchlis Ibrahim. (ist/lakeynews.com)
Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, bersama sejumlah Toga dari beberapa Pimpinan Ponpes. (ist/lakeynews.com)

LOBAR, Lakeynews.com – Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H, mengunjungi para tokoh agama (Toga) dari sejumlah pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Selasa (26/5).

Selain menyambut hangat, para Toga yang dikunjungi juga menyampaikan sederet harapannya pada jenderal bintang dua yang kini menjadi orang nomor satu di Polda NTB itu.

Salah satu diantaranya, Pimpinan Ponpes Al-Islahuddinny TGH. Muchlis Ibrahim. “Kami tulus ikhlas menerima silaturahmi Kapolda NTB dan Kapolres Lombok Barat,” kata TGH. Muchlis, saat menerima kunjungan itu dengan nada hangat.

TGH. Muchlis menjelaskan, silaturahmi menjalin semangat kebangsaan, semangat ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah rohaniah, ukhuwah basyariyah, yang intinya segala sesuatu berkaitan dengan kepentingan negara.

Jajaran Ponpes Al-Islahudinny merasa sangat gembira dikunjungi penentu kebijakan keamanan di daerah ini.

Diakuinya, selama ini wilayah hukum NTB masih dalam keadaan aman terkendali. TGH. Muchlis berharap, kehadiran Kapolda yang baru ini, keamanan, kenyamanan dan kondusifitas daerah tetap stabil.

Menurutnya, dari karakter pembawaan Kapolda NTB sangat memberikan kesejukan kepada para tokoh agama, pondok pesantren.

Menurutnya, Kapolda NTB sangat memahami karakter masyarakat di NTB.

Hal ini didukung pengalaman Iqbal sebelumnya, sebagai Kadiv Humas Mabes Polri.

Namun demikian, tidak terlepas juga dari doa dan ikhtiar Kapolda.

TGH. Muchlis akan senantiasa mendoakan Kapolda dan Kapolres Lobar beserta jajarannya di NTB agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT.

“Semoga Pak Kapolda selalu diberikan kesehatan dan prima, sehingga dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian dapat diemban dengan baik,” harap TGH. Muchlis.

Itu semua merupakan suatu kebanggaan masyarakat NTB dari berbagai strata, baik tokoh-tokoh agama di luar Islam maupun para ulama, merasa sejuk dan tenteram atas pengayoman dari kepolisian.

Kehadiran kepolisian di masyarakat sudah merupakan kebutuhan bagi masyarakat dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan dalam kehidupan beragama.

Dia berharap, kunjungan Kapolda dapat membawa hikmah bagi seluruh jajaran Pondok Pesantren Al-Islahudinny yang tersebar pada 53 cabang di NTB.

“Kami mengajak semua pihak untuk mendukung program pemerintah, program Polri dan program Nusa Tenggara Barat maupun Lombok Barat,” ujarnya.

Kunjungan Kapolda NTB di Ponpes Nurul Hakim Kediri dan Ponpes Asshohwah Al-Islamiyah, juga disambut hangat oleh pimpinan Ponpes terkait dan jajarannya.

Pimpinan Ponpes Nurul Hakim Kediri TGH. Muharrar Mahfuzd, mengaku berbahagia, bersyukur dan berterima kasih atas kunjungan Kapolda beserta jajarannya.

Besar harapannya, Kapolda dapat menjalankan tugas-tugas yang diemban secara maksimal. Pihaknya akan selalu berdoa agar dapat mengatasi akibat buruk dari Covid-19 ini.

Covid-19 ini sangat berkaitan erat dengan aspek ekonomi masyarakat, sehingga sangat berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

TGH. Muharrar sangat yakin Irjen Iqbal yang telah memiliki pengalaman di berbagai daerah akan mampu mengatasi persoalan akibat dampak negatif Covid-19, khususnya terkait keamanan.

“Semoga Bapak Kapolda diberikan kekuatan oleh Allah SWT dalam menjalankan tugas kepolisian,” harapnya.

Demikian juga dengan Kapolres Lobar AKBP bagus S. Wibowo, SIK, yang menurutnya sangat komunikatif, terutama dari pengalaman beberapa kali turun bersama-sama dalam Satgas Gugus Tugas Covid-19 Lombok Barat.

Pimpinan Ponpes Asshohwah Al-Islamiyah TGH. Muhammad Taisir Al Azhar, Lc. MA, mengatakan, kesan yang dirasakan saat bertemu langsung. “Kapolda NTB merupakan sosok sangat bersahabat,” ujarnya.

Menurutnya, suatu kebanggaan dan merasa sangat senang atas kunjungan Kapolda NTB di Ponpes Asshohwah Al-Islamiyah.

“Kapolda menunjukan sikap pertemanan, persaudaraan dan sosok yang low profile,” tutur TGH. Taisir.

Ponpes yang dipimpinnya berterima kasih karena dapat bertemu dengan Kapolda. Dia berharap, Polda NTB di bawah kepemimpinan Irjen Iqbal, menjadikan NTB semakin damai, semakin aman, semakin tenteram, dan semakin sejahtera di bawah ridha Allah SWT. (tim)