Bupati Dompu Drs.H. Bambang M. Yasin. (saudi/lakeynews.com)

Laporan:

Saudi Al Gibran, Dompu

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional. Dalam pedoman tersebut, Kemendikbud mengumumkan tema Hardiknas 2020, “Belajar dari Covid-19”.

Tidak ada upacara bendara maupun kegiatan-kegiatan semarak lainnya dalam peringatan 2 Mei tersebut. Meski demikian, tidak mengurangi makna dari hari kebangkitan dunia pendidikan.

Ada sejumlah pesan moral yang disampaikan oleh sejumlah pemangku kebijakan Dompu dalam memperingati momentum tersebut.

Bupati Dompu: Pendidikan Tanggung Jawab Bersama

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin menyampaikan, Covid-19, mengingatkan bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama pemerintah, keluarga dan masyarakat. ”Covid-19, juga mengajari kita bahwa proses belajar adalah proses yang tidak dibatasi ruang dan waktu,” ungkapnya.

Karena itu pria yang akrab disapa HBY ini, mengajak semuanya untuk memainkan peran sebagai orang tua, keluarga dan warga masyarakat. Terutama dalam memberi contoh dan keteladanan kepada para anak didik. “Sekarang dan sepanjang waktu bersama kita di rumah,” katanya.

Saat inilah proses transformasi ilmu pengetahuan dan sikap lanjutnya, dapat dilakukan agar anak didik dapat memiliki ilmu pengetahuan dan sikap serta karakter yang baik dalam kehidupan. ”Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei 2020,” ucapnya.

Kepala Dinas Dikpora Dompu H. Ichtiar Yusuf, SH. (saudi/lakeynews.com)

Kadis Dikpora: Orang Tua jadi Guru yang Baik di Rumah

Pandemi Covid-19 memaksa aktivitas pendidikan dihentikan untuk sementara. Siswa diharapkan tetap belajar meski berada di rumah. Belajar dengan menggunakan fasilitas online.

Pada momentum hari Pendidikan Nasional tahun 2020 ditengah gempuran Covid-19, Kepala Dinas Dikpora Dompu H. Ichtiar Yusuf, SH, menyampaikan kepada seluruh tenaga pendidik diharapkan tetap melaksanakan tugas sesuai kondisi.

“Untuk para orang tua/wali murid, saat ini diharapkan bisa menjadi guru yang baik di rumah. Semoga wabah Covid 19 ini cepat berlalu,” harapnya.

KCD Dikbud: Lahirkan Generasi Kreatif dan Berprestasi

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD Dikbud) Dompu Drs. Muhammad Gunawan, M.Pd menyampaikan pesan moral. Meski dalam keadaan pandemi covid-19, tetap melaksanakan aktivitas belajar sesuai protokoler.

KCD Dikbud Dompu Drs. Muhammad Gunawan, M.Pd. (saudi/lakeynews.com)

“Paling penting jangan sampai muncul rasa ketakutan atau kepanikan yang berlebihan,” ungkapnya.

Ditengah wabah ini, para pelaku pendidikan, diharapkan tetap meningkatkan kewaspadaan dan tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam menangkal Covid-19. Misalnya, menerapkan physical distancing, social distancing dan tetap di rumah.

“Kalau pun terpaksa keluar rumah, wajib menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, dan tetap menerapkan PHBS. Insya Allah belajar dari bencana Covid 19 ini, akan melahirkan generasi yang kreatif dan berprestasi,” ungkapnya.

Dia meyakini pasca wabah ini, pendidikan akan semakin maju. Sebab, ada banyak hikmah dibalik pandemi yang sedang melanda negeri. Seiring dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam melawan covid 19.

“Sinergi kita semua bahwa ditargetkan Bulan Juli akan dimulai tahun ajaran baru 2020/2021, kita berharap proses pendidikan di sekolah bisa berjalan normal lagi. Tapi semua tetap menunggu instruksi pemerintah,” ujarnya. (*)