Lurah Kandai Satu, Kecamatan Dompu Dedy Arsyik, S.Sos di bawah spanduk peringatan yang baru dipasang di kawasan masuk Doro Wadu Na’e. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Lurah Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu Dedy Arsyik, S.Sos, akhirnya menutup sementara tempat wisata Doro Wadu Na’e.

Sebelumnya, tempat wisata dalam Lingkungan Dorompana itu sempat viral dikritisi sejumlah elemen. Pasalnya, saat daerah berupaya keras meminimalisir penyebaran Covid-19 (salah satunya dengan larangan berkumpul), justru ratusan orang berbondong-bondong mengunjungi tempat itu.

Kadang pagi, juga kadang lebih banyak sore, pengunjung selalu memadati lokasi tersebut. Seolah tidak terkendali.

Merespon sorotan tajam tersebut, beberapa hari lalu, Pemerintah Kelurahan Kandai Satu bersama pihak Polsek Kota Dompu mengambil tindakan tegas.

Saat itu, Lurah Dedy Arsyik dan beberapa staf bersama beberapa personel kepolisian membubarkan dan melarang warga berkunjung ke sana.

Rupanya, hal itu tidak mempan. Berbagai kelompok masyarakat dan pemuda masih saja datang bergerombol ke tempat wisata tersebut. Imbauan dan larangan terkesan diabaikan.

Karena itu, mulai Selasa (14/4) Pemerintah Kelurahan Kandai Satu mengambil sikap lebih tegas lagi. Lokasi wisata Doro Wadu Na’e pun ditutup. Hanya saja penutupan tersebut bersifat sementara.

Menandai penutupan itu, sekitar pukul 10.00 Wita, Lurah Dedy bersama personel Kepolisian (Bhabinkamtibmas), Sekretaris Kelurahan dan kepala Lingkungan Dorompana, memasang spanduk peringatan persis di kawasan masuk Doro Wadu Na’e.

Spanduk dari Pemerintah Kelurahan Kandai Satu itu bertuliskan; “Untuk Perhatian dan Peringatan, Jalur Pendakian Doro Wadu Na’e Ditutup Sementara Waktu untuk Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19)”.

Meski sikap tegas itu untuk kebaikan dan keselamatan bersama, Dedy tetap memohon maaf pada semua pihak, khususnya kepada peminat dan pengunjung Doro Wadu Na’e.

“Mohon maklum dan mohon maaf kepada semua lapisan masyarakat. Kami mengganggu kenyamanannya,” pinta Dedy pada Lakeynews.com, usai menutup tempat wisata itu.

Dedy memastikan, setelah pemerintah menyatakan dan mengumumkan bahwa masa pandemi Covid-19 berakhir, silakan masyarakat berkunjung sebanyak-banyaknya. “Kalau wabah Covid-19 ini sudah berlalu, silakan berkunjung sepuas-puasnya,” ujarnya.

Lurah Kandai Satu, Dedy Arsyik, S.Sos, bersama Bhabinkamtibmas dan lainnya usai memasang spanduk peringatan. (ist/lakeynews.com)

Ditanggapi Positif

Langkah Dedy tersebut mendapat tanggapan positif dari berbagai elemen. Termasuk Ketua Komisi I DPRD Dompu Ir. Muttakun.

“Lurah hebat. Cepat merespon aspirasi masyarakat. Bersyukur LPM punya mitra Lurah yang gesit,” kata Muttakun mengomentari status Dedy di FB melalui akun pribadinya.

Sementara akun Syaiful Anwar menilai, sikap Dedy itu untuk kepentingan bersama guna memutus rantai penyebaran virus corona. “Tetap semangat dan mantap. Semoga kita tetap dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.

“Alhmdulillah, kerja yang luar biasa demi kesehatan dan keselamatan masyarakatnya. Insya Allah niat tulusmu diijabah. Aamiin,” komentar akun Dae Omi.

Sedangkan akun Ince Ipul SmkWesave, mengatakan, apapun masalah yang datang pasti akan diselesaikan segera. “Sehat selalu Pak Lurah. Semoga dengan tindakan ini masyarakat mengerti,” harapnya. (zar)