Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin. (saudi/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY) menanggapi ketakutan para pelaku pariwisata Lakey atas keberadaan wisatawan mancanegara di salah satu kawasan wisata andalan Dompu itu. Bupati menjamin para turis itu aman atau tidak terpapar Covid-19.

Diketahui, para pegiat pariwisata Lakey khawatir dengan keberadaan para turis di sama, karena belum diketahui apakah negatif atau positif Covid-19.

BACA JUGA : http://lakeynews.com/2020/03/29/turis-masih-berseliweran-pegiat-pariwisata-lakey-ketakutan/

Bupati menjelaskan, jumlah turis mancanegara di Lakey sekitar 20 orang. Dia menjamin keberadaan mereka tidak terpapar Covid-19.

Menurutnya, para turis itu datang jauh sebelum munculnya isu virus tersebut. “Sampai saat ini tidak ada turis baru yang berkunjung ke Lakey,” jelas Bupati pada Lakeynews.com, usai rapat penanganan Covid-19 di Pendopo Bupati, Senin (30/3).

Meski demikian, upaya pengawasan terhadap para turis tersebut tetap dilakukan. “Pengawasan tetap kita lakukan, baik terhadap turis maupun pelaku pariwisata lainnya,” katanya.

Disamping itu, Bupati juga mengomentari beberapa persoalan yang terjadi di bidang usaha pariwisata. Diantaranya, persoalan merumahkan karyawan hotel lantaran tidak adanya tamu karena pengaruh Covid-19.

“Harusnya, karyawan yang sudah puluhan tahun bekerja dengan mereka tidak dirumahkan. Cukup diistirahatkan dulu hingga keadaan membaik,” katanya.

Hal itu sama dengan pemerintah dalam memperlakukan pegawai. Meski mereka diliburkan selama dua pekan, pegawai tetap menerima hak-haknya. Tetap dibayarkan. “Salah satu hak itu adalah tunjangan kinerja,” ujarnya. (di)