Ketua Kloter 8 LOP Ustadz Abbas, S.Ag, saat berada di Masjidil Haram. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Terjawab sudah penyebab meninggalnya Jamaah Calon Haji (JCH) asal Desa O’o, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Abdullah bin Bongko di tanah suci Mekkah. Pria 81 tahun yang akrab dipanggil Ompu Dula Bongko itu ternyata wafat pada Jumat (25/8/2017) karena dehidrasi.

“Almarhum meninggal pada hari Jumat lalu. Penyebabnya, dehidrasi sehingga gagal jantung,” kata Ketua Kloter 8 LOP Ustadz Abbas, S.Ag, melalui WhatsAPP kepada Lakeynews.com, Selasa (29/8/2017).

Menurut Abbas,  almarhum menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit King Faisal Hospital. Jenazah Dula Bongko dimakamkan di pemakaman Ma’la Mekkah, setelah dishalatkan oleh ratusan ribu jamaah di Masjidil Haram, ba’da Ashar.

“Jenazah beliau dishalatkan di Masjidil Haram ba’da Shalat Ashar. Kemudian dimakamkan di pekuburan Ma’la,” jelasnya. (Baca juga: Jamaah Haji Asal Dompu Ini Meninggal di Mekkah)

Koper milik almarhum Abdullah bin Bongko alias Ompu Dula Bongko. (ist/lakeynews.com)

Sementara barang bawaan milik almarhum, lanjutnya, akan diurus oleh ketua regunya. “Nanti ketua regu yang akan mengkondisikan,” tandas Abbas.

Terkait proses ibadah, kata Abbas, almarhum sudah umrah wajib. “Dan, sudah kita urus untuk badal hajinya,” ungkap TPHI Kloter 8 LOP ini.

Lebih jauh dikemukakan Abbas, secara umum, kondisi jamaah haji yang dipimpinnya dalam keadaan sehat-sehat. Namun, salah seorang jamaah sudah dirujuk ke rumah sakit. Sayangnya, siapa nama jamaah tersebut, Abbad tidak menjelaskannya. (nas)