Alat Pemipil Jagung Multiguna yang dipamerkan stand Kabupaten Bima pada Gelar TTG XV (2017) Tingkat NTB di kompleks Kantor Bupati Lombok Barat (Lobar), Giri Menang, 25-27 April ini. (ist/lakeynews.com)

LOMBOK BARAT, Lakeynews.com – Ada produk menarik dari Kabupaten Bima yang ditampilkan pada Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XV (2017) Tingkat NTB di kompleks Kantor Bupati Lombok Barat (Lobar), Giri Menang. Dalam kegiatan yang dihelat 25-27 April itu, Stand Kabupaten Bima memamerkan alat Pemipil Jagung Multiguna.

Tahun-tahun sebelumnya, stand Kabupaten Bima memang menampilkan juga alat pemipil jagung seperti itu. Namun, tahun ini varian produk yang ditampilkan berupa Alat Pemipil Multiguna (3 in). Inovasi yang memadukan alat pemipil jagung, penggiling kacang, pemarut kelapa, singkong dan pemotong emping.

“Alat ini mampu memipil 5-8 ton jagung per hari dengan menggunakan mesin berkapasitas 5 PK,” kata  Abubakar, Penanggungjawab Mesin TTG yang juga salah satu kepala seksi pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bima.

Abubakar menambahkan, munculnya inovasi tersebut berawal dari survei bahwa rata-rata petani menanam jagung pada lahan di atas gunung. Sehingga alat tersebut dapat membantu untuk pemipil jagung.

Alat tersebut, lanjutnya, juga mempermudah industri rumah tangga untuk memotong kripik singkong, pisang atau memarut singkong sebagai bahan pembuatan kerupuk singkong. Alat yang ditampilkan stand Kabupaten Bima yaitu Bio Masak.

Jika perangkat TTG sektor pertanian ini berhasil, maka akan menjadi solusi yang memudahkan para petani jagung dalam pengelolaan pascapanen. “Disamping itu, secara teknis alat ini bisa dimodifikasi menggunakan penggerak sederhana seperti sepeda,” jelasnya.

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, menghadiri Gelar TTG NTB 2017. Dia ikut mempromosikan sejumlah produk pertanian dan perkebunan di stand Kabupaten Bima. (ist/lakeynews.com)

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri turut menghadiri Gelar TTG NTB 2017. Bupati memberikan apresiasi atas inovasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bima.

Bupati yang akrab disapa Umi Dinda itu berharap, alat multiguna yang dipamerkan tersebut dapat diprodiksi secara massal dan dimanfaatkan para petani di daerahnya.

Selain alat pemipil multiguna, stand Kabupaten Bima juga memamerkan sejumlah produk pertanian dan perkebunan, seperti Kopi Tambora, obat-obatan herbal yang menggunakan mesin TTG, dan lainnya. (zar)