Sejumlah pengunjung lengkap dengan tenda, saat menikmati suasana malam di padang sabana Doroncanga, H-3 acara Puncak FPT. (purnawansyah/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Tiga hari menjelang (H-3) acara puncak Festival Pesona Tambora (FPT) yang akan digelar 11 April mendatang, ribuan pengunjung mulai memadati padang sabana Doroncanga, Kecamatan Pekat.

Pantauan Lakeynews.com, Sabtu (08/04), ratusan tenda penginapan, tenda rumah makan maupun tenda pedagang Sembako terlihat sudah berjejer di sejumlah sudut.

Pengunjung dari berbagai penjuru Kabupaten Dompu dan luar Dompu, silih berganti memadati lokasi yang akan dijadikan acara puncak pada perayaan festival nantinya. Ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat juga terlihat memadati lokasi.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, para pengunjung mulai berdatangan ke Doroncanga sejak Jumat (7/4). Selain mengikuti berbagai event rangkaian FPT, pengunjung juga sengaja menunggu kegiatan puncak itu dengan menginap beberapa hari, sembari menikmati keindahan malam di lokasi itu.

“Kita sudah dari hari Jumat (7/4) bikin tenda disini, dan rencananya kita akan bermalam sampai kegiatan puncak FPT selesai,” ujar Burink, salah seorang warga Kecamatan Woja.

Burink bersama sejumlah rekannya mengaku, selain menikmati keindahan malam, siang harinya mereka juga menikmati keindahan destinasi wisata di sekitar sabana Doroncanga. Seperti Sarae Nduha dan Mada Oi Rao, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi puncak kegiatan.

“Kalau pagi kita bisa menikmati keidahan wisata pantai dan mata airnya,” ungkapnya.

Keindahan sabana Doroncanga siang maupun malam hari juga diakui beberapa peserta Trail Adventure. Bahkan mereka rela menginap selama dua malam hanya untuk melihat keindahan dan keramaian menjelang kegiatan puncak FPT.

“Mumpung lagi ramai pengunjung, kita bisa menikmati keindahan di lokasi padang sabana di malam hari,” aku Wawan, salah seorang peserta Trail Adventure pada Lakeynews.com.

Hal senada disampaikan Johan. Salah seorang peserta sepeda wisata ini, rela menginap hanya untuk menikmati keindahan dan keramaian menjelang kegiatan FPT.

“Kita kesini mau mengikuti kegiatan sepeda wisata yang digelar Minggu (9/4) besok. Kita memilih menginap hanya untuk menikmati malam disini,” ujar warga Desa Ranggo, Kecamatan Pajo tersebut.

Rangkaian kegiatan FPT yang digelar di Doroncanga sudah mulai dilakukan sejak Sabtu ini dengan Trail Adventure. Kegiatan itu diikuti pencinta trail dari berbagai daerah. Sementara pada, Minggu besok juga akan digelar kegiatan sepeda wisata yang dilanjutkan dengan Pesona Puru Jago (bakar jagung). (pur)