Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu Gatot Gunawan P. Putra. (ist/lakeynews)

Seleksi Terbuka, 8 Juli hingga 8 Agustus

DOMPU – Bupati Dompu H. Kader Jaelani melelang delapan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Selama ini, delapan jabatan Eselon II ini lowong dan di-Plt-kan.

“Lowong karena para pejabat sebelumnya, selain pensiun, dimutasi, juga ada yang tersandung masalah hukum,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dompu Gatot Gunawan P. Putra pada Lakeynews, Selasa (9/7/2024).

Berikut delapan JPTP yang dilelang, Pejabat sebelumnya dan Pelaksana Tugas (Plt) saat ini;

Pertama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Asisten 2 Setda). Pejabat sebelumnya, H. Moh. Syai’un pensiun. Jabatan itu di-Plt-kan oleh H. Khairul Insan (Staf Ahli Bupati).

Kedua, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol). Pejabat sebelumnya, H. Albuhairum pensiun. Jabatan itu di-Plt-kan oleh Ardiansyah (Sekretaris Bakesbangpol).

Ketiga, Kepala Badan Pengelolaan Pendataan Daerah (Bappenda). Pejabat sebelumnya, H. Muhibuddin pensiun 1 Agustus depan. Jabatan itu di-Plt-kan oleh Farid Ansyari (Sekretaris Bappenda).

Keempat, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes). Pejabat sebelumnya, Maman dimutasi jadi Kepala DPPKB. Jabatan itu di-Plt-kan oleh Zainal Arifin (Staf Ahli Bupati)

Kelima, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Pejabat sebelumnya, Abdul Syahid dimutasi sebagai Kepala DP3A. Jabatan itu di-Plt-kan oleh Ruslan (Asisten 3 Setda).

Keenam, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun). Pejabat sebelumnya, Muhammad Syahroni dimutasi sebagai Kepala BPKAD. Jabatan itu di-Plt-kan oleh Syahrul Ramadhan (Sekretaris Distanbun).

Ketujuh, Kepala Dinas Sosial (Dinsos). Pejabat sebelumnya, H. Abdul Haris pensiun. Jabatan itu di-Plt-kan oleh Muhammad Abduh (Kepala Disnak-Keswan). Dan,

Kedelapan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Pejabat sebelumnya, Syamsul Ma’arif tersandung masalah Tipikor dan telah berkekuatan hukum tetap. Jabatan itu di-Plt-kan oleh Miftahul Suadah (Staf Ahli Bupati).

Sesuai Pengumuman Nomor: 01/PANSEL.JPTP-DPU/VII/2024 tentang Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dompu Tahun 2024, keseluruhan tahapan seleksi dimulai tanggal 8 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Pengumuman tersebut ditandatangani Ketua Panitia Seleksi JPTP yang juga Sekda Kabupaten Dompu Gatot Gunawan P. Putra pada 8 Juli 2024.

Di sana disebutkan, Pengumuman, Pendaftaran dan Penerimaan Dokumen, serta Seleksi Administrasi, dibuka selama 15 hari. Mulai tanggal 8 hingga 22 Juli.

Hasil Seleksi Administrasi diumumkan melalui https://dompukab.go.id dan atau https://bkdpsdm.dompukab.go.id, 23 Juli.

Selanjutnya, Seleksi Kompetensi Manajerial (Assessment Center) dilaksanakan di SMKN 1 Dompu dan Kantor BKD dan PSDM Dompu, 25-28 Juli.

Berikutnya, Pembuatan Makalah pada 29-30 Juli. Diikuti Seleksi Kompetensi Bidang pada 1-3 Agustus.

Sedangkan Penelusuran Rekam Jejak dilaksanakan pada 8-30 Juli 2024. Penetapan Hasil Seleksi dilakukan pada 8 Agustus 2024.

“Pelaksanan pelantikannya dijadwalkan 16 Agustus 2024,” papar Sekda Gatot.

Sebelumnya, Gatot menjelaskan, seleksi delapan JPTP tersebut telah mendapat restu dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Restu dimaksud berdasarkan Surat Mendagri Nomor: 100.2.2.6/3876/OTDA tanggal 23 Mei 2024, perihal Persetujuan Pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

Kemudian, lanjut Gatot, Surat Wakil Ketua KASN Nomor: B-2125/JP.00.00/07/2024 tanggal 03 Juli 2024, perihal Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka JPT Pratama di Pemerintah Kabupaten Dompu. (ayi)