Para jamaah haji asal Dompu dan Bima saat hendak bertolak dari Bandara Madinah, Ahad (7/7/2024) pagi. Diperkirakan, tiba di BIZAM Lombok – NTB, besok Senin dini hari, sekitar pukul 02.30 Wita. (tangkap kamera/lakeynews)

DOMPU – Jika tidak ada hambatan yang berarti, 390 jamaah haji asal Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima yang tergabung dalam Koter 12/LOP, tiba di daerah masing-masing, Senin besok (8/7/2024) sore.

Informasi Pemulangan Jamaah Haji Debarkasi Lombok 1445 Hijriah/2024 Masehi itu disampaikan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Dompu H. A. Gani Malik, Ahad (7/7/2024).

Dari 390 jamaah haji tersebut, 126 orang diantaranya berasal dari Dompu. “Total jamaah haji kita (Dompu, red) 126 orang. Perempuan 64 orang dan laki-laki 62 orang,” kata Gani pada Lakeynews.

Mengutip informasi Petugas Kloter 12/LOP, waktu berangkat jumlah jamaah haji yang masuk Kloter 12/LOP, 393 orang. Saat pulang 390 orang. Sedangkan tiga orang lain; satu orang diantaranya sakit dan masih dirawat di RS Al-Ahly Saudi Arabia, serta dua orang lagi Tanazul.

Menurut literatur, Tanazul dalam haji adalah pengajuan kepulangan lebih cepat dari jadwal yang seharusnya atau pengunduran waktu pulang jamaah haji dari jadwal yang telah ditetapkan (red).

Secara umum, kondisi terkini 390 jamaah haji asal Dompu Bima tersebut sehat. Meskipun ada 10 orang menggunakan kursi roda.

Para jamaah haji bertolak dari Bandara Madinah pada Ahad (7/7/2024) sekitar pukul 08.30 Waktu Arab Saudi (WAS). “Perkiraan tiba di Bandara Internasional Zainul Abdul Madjid (BIZAM) Lombok – NTB, Senin, 8 Juli sekitar pukul 02.30 Wita,” jelas Gani.

Dari BIZAM, para jamaah naik bus menuju Asrama Haji Mataram dan akan diterima Pemprov dan Kanwil Kemenag Nusa Tenggara Barat (NTB), sekitar pukul 04.30 Wita. Setelah Salat Subuh berjamaah, mereka kembali naik bus menuju Dompu dan Bima.

“Dijadwalkan, besok sore para jamaah haji Dompu tiba di Pendopo Bupati dan akan disambut oleh Bupati. Mereka dijemput oleh OPD-OPD dan masyarakat,” kata Gani seraya menegaskan, semuanya disesuaikan dengan kondisi. (tim)