Empat calon anggota Paskibaka NTB dari Dompu bersama Bupati H. Kader Jaelani. (ist/lakeynews)

DOMPU – Kabupaten Dompu mengirim empat utusan untuk mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka akan mengikuti beberapa tahapan seleksi yang berlangsung selama empat hari, 13-16 Mei 2024 di Mataram.

“Empat calon anggota Paskibraka NTB utusan kita telah dilepas oleh Bupati Dompu, Bapak H. Kader Jaelani pada Sabtu lalu (11/5/2024),” kata Plt. Kepala Bakesbangpol Kabupaten Dompu Ardiansyah pada Lakeynews, di Kantor Redaksi, Senin (13/5/2024) malam.

Keempat utusan itu, sebut Simpe Dian (sapaan akrab Ardiansyah) masing-masing diambil dua terbaik putra dan dua terbaik putri hasil seleksi tingkat kabupaten.

Dua orang yang putra dimaksud, M. Ghaza Al Ghafaril Ibrah Firdaus dan Athallah Nabiha (keduanya siswa SMAN 1 Dompu). Sedangkan dua putri, Happy Indah Kirani (SMAN 1 Woja) dan Anita (SMAN 1 Hu’u).

Plt. Kepala Bakesbangpol Kabupaten Dompu Ardiansyah. (ist/lakeynews)

Simpe Dian lalu menjelaskan, tahapan-tahapan seleksi yang akan dijalani keempat utusan Bumi Nggahi Rawi Pahu itu. Diawali dengan Tes Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta Tes Intelegensia Umum atau TIU pada Senin (13/5/2024).

Kemudian dilanjutkan dengan Tes Kesehatan dan Tes Parade pada Selasa (14/5/2024), Tes PBB dan Tes Kesamaptaan pada Rabu (15/5/2024), serta Tes Kepribadian/Wawancara pada Kamis (16/5/2024).

“Mereka akan bersaing dengan 40 peserta dari 10 kabupaten dan kota se-NTB. Yang diambil nanti 30 orang, hasil perangkingan terbaik 1 sampai 30,” jelas Simpe Dian yang juga mantan Kabag Prokopim Setdakab Dompu itu.

Dia berharap, utusan Dompu lolos semuanya. Bahkan diharapkan pula, ada yang terpilih dan diutus untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka Nasional. Sebab, empat terbaik hasil seleksi provinsi (dua putra dan dua putri) akan dikirim ke tingkat nasional.

“Mudah-mudahan di dalam empat orang yang diutus ke nasional nanti, ada yang dari Dompu. Ini harapan kita,” tutur Simpe Dian.

Menurut Simpe Dian, Bupati H. Kader Jaelani ketika melepas empat utusan Dompu di kediamannya berpesan agar siswa dan siswi tersebut dapat menunaikan tugasnya dengan baik.

Bupati juga berharap, utusan-utusan itu berhasil menjadi Duta Kabupaten Dompu, baik di Paskibraka Provinsi NTB maupun Paskibraka Nasional. “Sehingga mampu mengangkat, membanggakan dan mengharumkan nama Dompu,” ujar Bupati dikutip Simpe Dian. (ayi)