Poster Kontes Ternak Se-Pulau Sumbawa yang digelar Disnakeswan Kabupaten Dompu di Lapangan Doromelo, 29-30 April 2024. (ist/lakeynews)

DOMPU – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Dompu, kembali menyelenggarakan Kontes Ternak Se-Pulau Sumbawa.

Tahun 2024 ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Desa Doromelo, Kecamatan Manggelewa, 29-30 April.

Menurut Kepala Disnakeswan Kabupaten Dompu Muhamad Abduh, Kontes Ternak ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Disnakeswan. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Dompu.

“Juga sekaligus untuk menggaungkan Program Jarapasaka Sektor Peternakan di bawah kepemimpinan Bupati H. Kader Jaelani dan Wakil Bupati H. Syahrul Parsan,” kata Abduh ketika ditemui Lakeynews di ruang kerjanya, pekan lalu.

Kepala Disnakeswan Kabupaten Dompu Muhamad Abduh. (ist/lakeynews)

Apa saja tujuan Kontes Ternak tersebut?

Abduh yang saat itu didampingi Kabid Budidaya Disnakeswan Sukaemi, menyebut beberapa poin. Salah satunya, untuk mendapatkan bibit Sapi yang berkualitas dalam rangka peremajaan.

Kemudian, memotivasi dan merangsang peternak untuk memproduksi bibit ternak yang berkualitas. Memberi penghargaan kepada peternak yang berprestasi.

Kegiatan tersebut juga ajang untuk mempromosikan calon bibit ternak yang berkualitas. “Meningkatkan nilai jual bibit ternak, juga bagian dari tujuan kita,” beber Abduh.

Abduh lalu menyebut tiga kriteria Kelas Lomba/Kontes Ternak. Yakni Ras Sapi Bali, Ras Sapi Hisar/Sumbawa, dan Ras Sapi Hasil Silangan/IB (Inseminasi Buatan).

Untuk Kelas Ras Sapi Bali, yang dilombakan adalah Sapi Jantan Super, Pejantan Unggul, Induk Unggul, dan Calon Induk Unggul

Sedangkan Ras Sapi Hisar/Sumbawa, dilombakan Sapi Jantan Super, Induk Unggul, dan Calon Induk Unggul.

Sementara untuk Ras Sapi Hasil Silangan/IB (Inseminasi Buatan), dilombakan Sapi Jantan super, dan Jantan/Bakalan Super Usia 6-12 bulan. (tim)