Ketua, anggota dan sekretaris Bawaslu Dompu, bersama peserta Rakor di Kantor Lurah Kandarai Satu, Dompu, Kamis (22/9). (ist/lakeynews.com)

DOMPU – Sambi Tangga, salah satu kampung di Kelurahan Kandai Satu (Kansa), Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu akan menjadi pilot project (proyek percontohan) “Kampung Tolak Politik Uang”.

“Rencananya, Insya Allah akan di-lauching Selasa depan, 27 September 2022,” kata Kordiv Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Kabupaten Dompu Swastari Haz, pada Lakeynews.com, Kamis (22/9).

Memuluskan agenda tersebut, jelas wanita berhijab plus cadar yang akrab disapa Aca Tari itu, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) di Kantor Lurah Kandai Satu, pagi tadi.

Rakor tersebut, dihadiri ketua, anggota dan sekretaris  Bawaslu Dompu. Juga Camat Dompu, Lurah dan Sekretaris Kelurahan Kandai Satu, tokoh masyarakat dan Kelompok Sosial BAPSATA.

“Rakor tadi untuk persiapan launching Kampung Tolak Politik Uang (pengawasan partisipatif) dan sosialisasi produk Hukum Bawaslu,” jelas Aca Tari.

Dia berharap dukungan dari semua pihak. “Tanpa dukungan masyarakat, apapun program Bawaslu tidak akan berjalan dengan baik,” ujar Aca Tari.

Sementara saat Rakor tersebut, Ketua Bawaslu Irwan menjelaskan, program Kampung Tolak Politik Uang merupakan program masional yang dilaksanakan oleh seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia.

Rakor tersebut berbuah manis. Camat, Lurah dan para tokoh masyarakat menyetujui dan mendukung  program dilaksanakan Bawaslu, khususnya Kampung Tolak Politik Uang.

Pada kesempatan itu, Bawaslu menerima masukan dan saran dari tokoh masyarakat (Toma). “Kami sarankan Bawaslu memperkuat dan memberikan pemahaman yang baik kepada pengawas desa dan kelurahan tentang pelaksanaan  tugasnya,” kata Uma Neo, salah seorang Toma. (tim)