Direktur PDAM Dompu Agus Supandi, SE. (feri/lakeynews.com)

Kades Kramabura Janji Buatkan Perdes Pembatasan Lahan Pertanian

DOMPU, Lakeynews.com – Direktur PDAM Agus Supandi, SE, angkat bicara terkait gerakan penanaman 1000 pohon yang diinisiasi Young Healthy Care (YHC) di Waduk Rora Besar Sori Na’e Desa Kramabura, Kecamatan Dompu, Minggu (14/3) lalu.

Agus mengaku angkat topi dan mengapresiasi upaya rehabilisasi lingkungan oleh komunitas tersebut. Dia sangat bersyukur dan berterima kasih.

“Kegiatan seperti ini (penghijauan dengan penanaman pohon, red) akan menentukan sumber mata air minum Dompu kedepan,” katanya pada Lakeynews.com di ruang kerjanya, Selasa (16/3).

Menurutnya, selama ini air minum yang disuplai dari area penghijauan tersebut masih kurang dan disebabkan beberapa faktor. “Salah satunya, penggundulan hutan terus menerus mengakibatkan banjir, sehingga terjadi sedimentasi (pendangkalan) sungai,” jelasnya.

Agus berharap, kegiatan penanaman terus digelorakan terutama pada titik-titik sumber mata air. “Kami mendukung penuh kegiatan seperti itu. Mungkin, kedepan pemerintah daerah dan pemerintah provinsi melalui dinas terkait bisa mencanangkan secara masif dan sistematis,” terangnya.

Terpisah, Kepala Desa Kramabura Aswan menuturkan, pihaknya sangat bangga dengan kegiatan yang digelar YHC. “Kami warga Desa Kramabura merasakan sesuatu yang lebih pada kegiatan ini. Dan, merasakan perubahan Dompu akan segera terwujud,” ujarnya.

Menindaklanjuti kegiatan penanaman tersebut, dirinya kedepan mensosialisasikan dan berkomitmen membuat Peraturan Desa (Perdes) yang mengatur batasan-batasan pembukaan lahan pertanian. Ini untuk menghindari terjadinya pembabatan liar.

“Saya janji Perdes itu adalah keharusan yang harus disegerakan,” tegasnya. (fm/ady)