Suasana gotong royong pembersihan DAM penampungan air di Desa Kadindi Barat, Rabu (11/11) pagi. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com -Bhabinkamtibmas Briptu Ruzair Zamroni, Babinsa Sertu Syamsudin dan warga Desa Kadindi Barat, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Rabu (12/11) pagi bergotong royong membersihkan DAM Penampungan Air.

DAM penampungan air yang dibersihkan ini merupakan media pengaturan tata kelola air baik untuk dikonsumsi maupun kebutuhan pertanian warga setempat.

Kegiatan tersebut bagian dari inisiatif dan perhatian Bhabinkamtibmas serta Babinsa Kadindi Barat. Mereka mengajak warga, tokoh masyarakat dan staf pemerintah desa setempat agar ikut peduli.

“Kami bergotong royong membersihkan area DAM. Sampah dedaunan yang dapat menyumbat saluran air ke pemukiman warga tentu kami angkat,” ujar Briptu Ruzair Zamroni.

Menurutnya, pembersihan DAM penampungan air itu merupakan kegiatan rutin yang diprogramkan Pemdes Kadindi Barat setiap hari Jumat.

Sayangnya, terhambat pandemi Covid-19. Sehingga, pembersihan hanya difokuskan pada lingkungan warga dan membatasi kegiatan berkumpul.

“Selama pandemi Covid-19 ini kami hanya menugaskan beberapa orang dari warga supaya bergiliran melakukan control dan cek kebersihan sekitar areal DAM,” tutur Bhabinkamtibmas.

Di tempat yang sama, Babinsa Kadindi Barat Sertu Syamsudin, mengatakan, air yang sudah terkelola dengan baik serta dibangunnya DAM kemudian disusun perpipaan adalah bagian dari tanggung jawab bersama, sembari menciptakan Kamtibmas.

“Jika ada kerusakan atau gangguan fasilitas umum seperti pipa, tanggul dan lainnya, harus segera diperbaiki. Pengecekan dilakukan setiap waktu,” kata Syamsudin.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat setempat, Amak Yusuf yang ikut kegiatan itu, mengapresiasi pemikiran, langkah dan tindakan Bhabinkamtibmas dan Babinsa tersebut. (tim)