Gubernur NTB Kunker di Kabupaten Dompu. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, menyambangi Desa Malaju Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu. Kehadiran Gubernur dalam rangka Kunjungan Kerja (KunKer) Tahun 2020, Sabtu (11/1).

Selain Gubernur, juga hadir rombongan pejabat Provinsi NTB yakni, asisten Ekbang, Kadis LHK, Kadis PMPD Dukcapil, Kadis Pariwisata, Kadis Perindustrian, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Kepala BPBD, Karo Umum dan Karo Humas dan Protokol.

Kehadiran Gubernur bersama rombongan, disambut Bupati Dompu Drs. H. Bambang Yasin, Anggota DPR RI dari Fraksi PAN M. Syarifudin ST, Dandim 1614/Dompu di wakili Kasdim 1614/Dompu, Wakapolres Dompu, Pimpinan OPD Dompu, Camat Kilo H. Iswan S. Sos, Danramil 1614/-04 Kilo Kapten Inf. M. Yamin, Kapolsek Kilo Iptu Rudolfo, Kades se-Kecamatan Kilo, Tokoh adat, agama, pemuda dan masyarakat Kecamatan Kilo.

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kilo yang telah lama menunggu pihaknya. Dia menjelaskan, Agama Islam selalu antusias menanam harapan.

Misalnya, umat Islam dianjurkan untuk naik haji ke baitullah bagi yang mampu dan itu adalah upaya agama Islam untuk menanamkan harapan. “Kita harus bersimpuh di rumah Allah SWT dihadapan Ka’bah,” ujar Zulkieflimansyah.

Kata Zulkieflimansyah, didalam pemikiran orang Amerika pejabat-pejabat itu jarang yang ngomong negatif. Tapi di tempat-tempat strategis selalu penuh dengan kata-kata yang memberikan inspirasi ketika mereka di-invite oleh ekonomi ibu negara dengan penuh inspirasi mengatakan, belongs to those who believe in the beauty of (masa depan selalu akan berada dalam genggaman mereka yang punya keberanian untuk punya harapan).

“Seperti bibit Mangrove yang akan kita tanam pada sore ini sejatinya bukan mangrove yang ditanam. Tapi kita semua sedang menanam harapan untuk anak cucu kita dan seluruh masyarakat Kabupaten Dompu,” jelasnya.

Ditambahkan Zulkieflimansyah,
ketika adik-adik nanti menanam mangrove di pantai yang indah ini. Nanti dengan sendirinya mangrove ini akan tumbuh menjadi tanaman yang utuh dan kokoh.

Selain itu, Zulkieflimansyah juga mengatakan, NTB akan punya event internasional sebagai tuan rumah Moto GP. Selama ini, Motor GP hanya bisa ditonton lewat TV tapi sekarang semua bisa menyaksikan langsung. Bahkan, bisa jadi semua bisa bertemu langsung dengan Valentino Rossi maupun Marquez. “Kita akan menjadi penikmat event yang ada di provinsi yang kita cintai ini,” terangnya.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin mengucapkan terimakasih atas penyambutan masyarakat Kecamatan Kilo. Diakuinya, luar biasa bisa berkencaraman dengan masyarakat di sini.

“Tadi kami sempat di guyur hujan juga dan saya benar-benar menangis terharu saat masyarakat petani Kilo menyampaikan setelah seminggu menanam bibit jagung dan sekarang mulai tumbuh,” katanya.

Kata Bambang, Gubernurr tadi menyampaikan meskipu dengan guyonan mengatakan bahwa jagung tidak ada hubungannya dengan banjir.

“Jakarta pun bisa banjir meski tidak ditanami jagung, tapi bukan berarti mulai hari ini anda gunduli gunungnya habis-habisan,” jelasnya mengutip penyampaian Gubernur NTB.

Bambang menegaskan, hari ini semua sepakat menanam pohon. Bahkan bila perlu menanam duit. Maksudnya, itu menanam modal. Pihaknya punya catatan yang sangat banyak terhadap orang-orang yang mendapatkan Kalpataru di Indonesia.

“Mereka bukan dari lembaga pemerintahan maupun bukan organisasi formal. Namun mereka adalah pribadi-pribadi yang dengan ketulusan melakukan sesuatu untuk memperbaiki lingkungan hidup sehingga pemerintah memberikan penghargaan di bidang lingkungan hidup atau kalpataru,” terangnya.

Selain itu lanjut Bambang, alhamdulillah saat ini petani sedang sibuk menanam padi dan jagung. Semoga Allah merahmati pendapatan ekonomi masyarakat. Apalagi, diketahui sudah ada pabrik Kelor di desa Malaju. “Semoga apa yang ada bisa terus mendokrak pendapatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Ditambahkan Bambang, di wilayah Kecamatan Kilo ini akan di bangun pelabuhan Nusantara, tepatnya di lokasi Desa Mbuju.

“Semoga ini bisa mempermudah transportasi laut pengangkutan hasil Bumi dan meningkatkan pendapatan masyarakat Dompu khususnya di Kecamatan Kilo,” harapanya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Islam (IKAPMI) Dompu Arif Rahman mengaku, awalnya
bertemu dengan ibu gubernur di Mataram. Beliau mengatakan, perlu penanaman 1 juta pohon untuk membangun NTB.

“Kata Ibu Gubernur sebenarnya tidak perlu uang dan bukan pula hal yang luar biasa. Tapi kita perlu tanamkan kepeduliannya kita terhadap lingkungan,” ujar Arif mengutip penyampaian ibu Gubernur NTB.

Arif juga mengaku, pihaknya tadi pagi sudah menanam sebanyak 2000 bibit Mangrove di pantai Kecamatan Kilo. “Semoga ini menjadi peninggalan untuk anak muda agar tetap menjaga lingkungan di sekitar,” harapnya.

Menariknya dalam Kunker ini, kehadiran Gubernur NTB disambut dengan tarian Wura Bongi Monca. Setelah itu, Gubernur melaunching Desa Wisata Malaju dan Lasi serta melakukan enyerahan tongkat bagi penderita stroke dan penyerahan 20 mesin pengolahan Ikan kepada masyarakat.

Setelah itu, Gubernur beserta rombongan menuju lokasi pantai Desa Mbuju untuk menanam bibit Mangrove. Mereka pun sempat melihat tanaman pohon Kelor di wilayah setempat.

Kemudian Gubernur bersama rombongan, melanjutkan perjalanan menuju Desa Kiwu dan melaksanakan shalat Maghrib berjamaah di mesjid Al-Huda Desa Kiwu serta melakukan tatap muka dengan Kades beserta masyarakat setempat.

Usai itu pun, Gubernur dan rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Manggelewa tepatnya di Dusun Transad Desa Doromelo kediaman rumah Yadin. Disana, Zulkieflimansyah (Gubernur NTB) bersilaturrahmi dengan Kader Partai dan Calon Bupati/Wakil Bupati Dompu Ir.Muhammad Ruslan – Nasaruddin SH, Periode 2021-2026.

Kehadiran Zulkieflimansyah ini pun, disambut Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu (Ir Muhammad Ruslan-Nasaruddin SH), para kader Partai, tokoh agama, pemuda dan masyarakat. Bahkan dalam momentum ini, Jafar memberikan Kuda poni yang diberi nama Meci Angi kepada Gubernur NTB dan melakukan sesi foto bersama dengan semua yang hadir.

Setelah di lokasi ini, kemudian Gubernur NTB bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sumbawa. Diketahui sebelum sampai di wilayah Kabupaten Dompu, Gubernur NTB beserta rombongannya melakukan Kunker di Kabupaten Bima. (asm)