Sebuah sikap jantan dan bentuk ketaatan terhadap aturan ditunjukkan oleh Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY). Pria yang dijuluki sang “provokator jagung” itu, akhirnya mengembalikan jabatan enam pejabat Eselon II yang sudah sekitar dua tahun di-nonjob-kan.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, ketika melantik 23 pejabat tinggi pratama lingkup Pemkab Dompu di Pendopo Bupati, Rabu (21/3/2018) malam. (ist/lakeynews.com)

PERNAH mendengar istilah “terjun bebas” di kalangan pemerintahan daerah? Label itu umumnya ditempelkan pada pejabat struktural (terutama Eselon II dan III) maupun fungsional yang dimutasi menjadi staf biasa alias non job.

Namun pada Rabu (21/3/2018) malam, HBY mengembalikan hak-hak dan kewajiban keenam pejabat tersebut. Mereka adalah Dra. Hj. Sri Suzana, M.Si, H. Moh. Saiun, SH, H. Tajuddin, SH, Ir. H. Rusdin, H. Khairul Insan, SE, MM, dan Ir. Fakhruddin.

Pengembalian jabatan keenam pejabat itu dilakukan Bupati HBY dalam kegiatan mutasi dan pelantikan 23 pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Dompu, di Pendopo Bupati.

Diketahui, dari 23 pejabat yang diambil sumpahnya tersebut, enam orang diantaranya dikembalikan jabatannya. 10 orang lagi merupakan hasil perekrutan melalui Panitia Seleksi (Pansel) yang direkomendasikan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sedangkan tujuh pejabat lainnya hanya rolling jabatan.

Kembali ke enam pejabat yang dikembalikan jabatannya (eselon II) oleh Bupati sesuai Surat Rekomendasi KASN. Berikut selengkapnya:

– Dra. Hj. Sri Suzana, M.Si; diembankan amanah sebagai Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag). Semula, wanita yang akrab disapa Umi Nana itu, menjabat Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) sebelum terjun bebas sebagai Fungsional Umum di Bappeda dan Litbang saat mutasi yang berlangsung sekitar dua tahun lalu.
– H. Moh. Saiun, SH; Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. Aba ‘U (panggilannya) pernah memangku jabatan itu sebelum jadi Staf Fungsional Umum di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB).
– H. Tajuddin, SH; Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan. Juga pernah memegang jabatan fungsional itu sebelum jadi Fungsional Umum di Dinas Sosial (Dinsos).
– Ir. H. Rusdin; Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kesra. Awalnya sebagai Asisten Pembangunan dan Kesra sebelum dimutasi menjadi Fungsional Umum Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun).
– H. Khairul Insan, SE, MM; Lelaki yang kerap dipanggil D’Mpera itu, sekarang menjabat Kepala Dinas Budpar. Dia termasuk mujur, karena sebelum dimutasi sebagai Analis Penyusunan Perencanaan Wilayah di Bappeda dan Litbang, D’Mpera menjadi salah satu Staf Ahli Bupati.
– Ir. Fakhruddin, M.Si; Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sama dengan D’Mpera. Fakhruddin juga menjabat salah satu Staf Ahli Bupati, sebelum ditempatkan sebagai Fungsional Umum di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A).

10 Pejabat Hasil Rekrut Pansel

Selain enam pejabat itu, pada waktu yang bersamaan, Bupati HBY juga melantik dan mengambil sumpah bagi 10 pejabat eselon II hasil rekrutmen melalui Pansel. Lengkapnya sebagai berikut:

– Hj. Iris Juwita Kastianti; Kepala Dinas Kesehatan, sebelumnya Sekretaris Dinas PPKAD.
– Hairuddin, SH; Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, sebelumnya Kabag Hukum Setda.
– Ir. Armansyah, M.Si; Kepala Bapenda, sebelumnya Sekretaris di dinas yang sama.
– Albuhairun, S.Sos; Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sebelumnya Sekretaris di dinas yang sama.
– Rokhyani, SH; Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, sebelumnya Sekretaris di dinas yang sama.
– Agussalim, S.Sos; Kasat Pol PP, sebelumnya Kabag Umum Sekretariat Dewan.
– Daryati Kustilawati, SE, M.Si; Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, sebelumnya Sekretaris di dinas yang sama.
– Ir. Wahiddin; Kadis Kelautan dan Perikanan, sebelumnya Sekretaris di dinas yang sama.
– Ir. Zainal Arifin, M.Si; Kadis Peternakan, sebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan.
– M. Amin, S.Sos; Asisten III (Administrasi Umum Setda), sebelumnya Kabag Umum Setda.

Tujuh Pejabat yang Dirolling

Sedangkan tujuh pejabat yang dirolling dari jabatannya, sebagai berikut;

– Drs. Burhanuddin; Kepala DKP3, sebelumnya sebagai staf ahli Bupati.
– Muhammad, ST; Kadis Perumahan dan Pemukiman Rakyat, sebelumnya Kadis Perindag.
– Ir. Muh. Syaiful HS; Kadis Nakertrans, sebelumnya Inspektur Inspektorat.
– Ir. H. Husni Thamrin; Kadis Pertanian dan Perkebunan, sebelumnya Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kesra.
– Ir. H. Muh. Rasyidin Suryadi; Asisten II (Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda), sebelumnya staf ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.
– H. Soehartomo SKM, M.PPM; Inspektur Inspektorat, Asisten II (Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda).
– Ir. Fakhrurrozi; Kepala Dinas Sosial, sebelumnya Kadis Pertanian dan Perkebunan. (sarwon al khan)