“DPP juga membuat MoU untuk Sentra Release dengan pemerintah secara berjenjang. Di Pusat misalnya, dengan Kementerian, TNI, Polri, Badan/Lembaga Negara. Demikian pula di Tingkat Provinsi serta Kabupaten dan Kota.” Yakub F. Ismail, Ketua Umum DPP IMO-Indonesia.

Ketua Umum DPP IMO-Indonesia Yakub F. Ismail. (ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Setelah dideklarasikan sekitar empat bulan lalu, tepatnya di Hotel Grand Cempaka Jakarta pada 27 Oktober 2017, kini Ikatan Media Online (IMO) – Indonesia siap menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-I. Jadualnya, Rakernas perdana tersebut akan dihelat di Puri Saron Hotel, Bali, 13-15 Februari 2018 ini.

“Tagline kegiatan di Bali ini, ‘IMO-Indonesia Siap Menjadi Mitra Strategis’,” kata Ketua Umum DPP IMO-Indonesia Yakub F. Ismail, pada Lakeynews.com via WhatsAPP, Sabtu (10/2/2018) siang ini.

Menurut Yakub, pada Rakernas itu, DPP IMO-Indonesia akan menyampaikan beberapa capaian dan program kerja. Diantaranya, memfasilitasi pembuatan Film Jurnalistik “Serumpun Sebalai” karya Victory News dengan Produser eksekutif  Wendy Oktavianus. Selain itu, memfasilitasi pembuatan Buku Jurnalistik Online “Rahasia Sukses Mengelola Media Online ” karya Ferry Komeng.

DPP sudah membuat MoU (nota kesepahaman, red) dengan dua notaris di Jakarta yang akan membantu rekan-rekan anggota IMO secara nasional untuk dapat membuat badan usaha perseroan pers secara kolektif dengan harga yang terjangkau.

“DPP juga membuat MoU untuk Sentra Release dengan pemerintah secara berjenjang. Di Pusat misalnya, dengan Kementerian, TNI, Polri, Badan/Lembaga Negara. Demikian pula di Tingkat Provinsi serta Kabupaten dan Kota,” papar Yakub.

“Releasenya akan diintergasikan dengan Website imo-indonesia.com, yang juga dalam waktu yang sama dapat langsung tersebar kepada seluruh anggota secara nasional via subscribe imo-indonesia.com,” sambungnya seraya menegaskan, “DPW IMO-Indonesia Bali akan menjadi  pilot project dari program tersebut.”

Pada kesempatan Rakernas di Bali, urai Yakub, DPP juga akan memberikan Sertifikat kepada anggota yang telah tergabung dengan IMO-Indonesia.

Selain melantik pengurus DPW Bali dan pengukuhan DPW lainnya secara kolektif, momentum Rakernas ini juga mengagendakan penyempurnaan AD/ART dan Peraturan Organisasi untuk selanjutnya diharapkan dapat menjadi pegangan seluruh anggota dalam menjalankan roda organisasi.

“Paparan-paparan mengenai bidang pengembangan usaha, mungkin saja direalisasikan. Asalkan, mekanisme dari usaha tersebut berujung untuk kesejahteraan anggota. Lainnya, penyampaian regulasi media online dan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 dan ITE,” jelas Yakub.

Selanjutnya, akan diisi dan dimanfaatkan untuk ramah tamah serta keakraban sesama anggota dengan agenda City Tour, termasuk Dinner di Cruiseline yang akan ditutup dengan Nonton Bareng (Nobar) Film Jurnalis “Serumpun Sebalai”. Khusus film ini, diperkirakan Agustus mendatang akan dapat tayang di seluruh jaringan XXI secara nasional.

 

DPW IMO-Indonesia NTB Siap ke Arena Rakernas I

Pengurus DPW IMO-Indonesia Nusa Tenggara Barat (NTB), juga dipastikan hadir dalam Rakernas IMO di Bali tersebut. Bahkan, Ketua Ketua DPW IMO-Indonesia NTB Abdul Sukur, ST, yang berdomisili di Kota Bima akan meluncur ke Bali nanti ini.

Memperkuat statemen Ketum DPP IMO-Indonesia, Sukur menegaskan, IMO-Indonesia hadir sebagai wadah diskusi dan mempererat relasi antarindustri media dan stake holders, serta mendorong jurnalisme siber beradaptasi terhadap perkembangan teknologi.

IMO-Indonesia memiliki peran kuat dalam mereduksi pemberitaan hoaks, produksi pemberitaan yang objektif dan sesuai fakta akan terakumulasi yang efeknya membentuk citra positif, bukan saja di dalam negeri tapi juga luar negeri. IMO hadir menepis berita hoaks, mempererat semangat kebangsaan dan kebhinnekaan.

“Rakernas pertama IMO-Indonesia di Bali akan membahas soal AD/ART organisasi, juga hearing terkait perkembangan media online yang mencakup isu-isu strategis,” ulasnya. (zar)