Anggota KPU Dompu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat. (foto ist/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Hingga hari terakhir, Senin (16/10/2017) tepat pukul 24.00 Wita, 19 parpol di Kabupaten Dompu telah menyerahkan dokumen kelengkapan persyaratan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Dokumen kelengkapan persyaratan dimaksud; salinan foto kopi KTA dan KTP, serta daftar keanggotaan partai politik.

“Parpol-parpol tersebut telah diberikan Formulir Tanda Terima Dokumen,” kata Anggota KPU Kabupaten Dompu Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Suherman, pada Lakeynews.com, Selasa (17/10/2017) pagi menjelang siang.

Dari 19 parpol tersebut, 12 antaranya parpol lama. Yakni Partai Nasdem, PDI Perjuangan, PKS, PPP, Gerindra, Demokrat, PBB, PKB, PKPI, Hanura, PAN dan Partai Golkar. Selebihnya, tujuh tujuh parpol baru; Perindo, PSI, Berkarya, Garuda, Idaman,  Republik dan Parsindo.

 

Penelitian Administrasi 17 Oktober – 15 November

Selanjutnya, KPU akan melakukan penelitian administrasi untuk mengecek keabsahan dokumen yang disampaikan ke 19 parpol itu, termasuk melakukan verifikasi ketika ditemukan ada keanggotaan ganda. “Penelitian administrasi, dilaksanakan mulai hari ini, 17 Oktober sampai 15 November 2017,” jelas pria yang akrab disapa Herman itu.

Meski telah diterima kelengkapannya, KPU berharap agar dalam proses penelitian administrasi ini, parpol-parpol tersebut senantiasa kooperatif, terus berkordinasi dan berkomunikasi dengan KPU. “Sebab, nanti dalam tahapan ini ada hal-hal yang perlu kita konfimasi, klarifikasi dan verifikasi,” imbuh Herman. (zar)