Kasi PHU Kemenag Kabupaten Dompu Burhanuddin. (sarwon/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Ratusan jamaah haji Indonesia asal Kabupaten Dompu dan Bima yang tergabung dalam Kloter 8 LOP, dijadwalkan tiba di tanah air pada 3 Oktober depan.

Menurut Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Dompu Burhanuddin, para jamaah haji Dompu akan meninggalkan Madinah pada 2 Oktober sekitar pukul 13.24 waktu Arab Saudi, atau sekitar pukul 05.24 Wita.

“Tiba di Asrama Haji NTB, Kota Mataram, tanggal 3 sekitar pukul 05.25 Wita. Insya Allah, menuju Dompu tanggal 3 Oktober sekitar pukul 14.00 Wita,” kata Burhanuddin pada Lakeynews.com di ruang kerjanya.

Bagaimana kondisi para jamaah haji saat ini?

Secara umum, kata Burhanuddin, sehat-sehat. “Alhamdulillah, kondisi semua jamaah haji sehat-sehat. Kami tetap memantau melalui grup WA Kloter 8,” jelasnya.

“Teman-teman petugas Kloter tetap menginformasikan setiap saat tentang perkembangan jamaah haji. Alhamdulillah kerjasama tim kloter sangat solid,” sambungnya.

Saat ini, kata Burhanuddin, para jamaah haji Dompu masih di Mekkah. Rencananya, hari Sabtu atau Minggu (23-24/9/2017) akan ke Madinah. “Sejak Minggu (17/9/2017) petugas Kloter melakukan visitasi kelengkapan, mengecek jamaah di tiap kamar, tandasnya.

Pada musim haji 1438 Hijriah/2017 Masehi, jamaah haji Dompu 89 orang dan satu orang petugas kesehatan (90 orang). Dua diantaranya, meninggal di tanah suci.

Sedangkan jamaah haji asal Kabupaten Bima, totalnya 381 orang. Namun yang berangkat 376 orang, lima orang menunda karena sakit dan satu orang meninggal. Dari 376 jamaah itu, dua orang juga meningga dunia di Mekkah.

“Alhamdulillah, semuah jamaah haji asal Kabupaten Bima set wal’afiat,” ujar Kasi PHU Kemenag Kabupaten Bima Jakariah, juga ketika ditemui Lakeynews.com di ruang kerjanya. (zar)