Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin, pada acara Syukuran Haji orangtua Kurnia Ramadhan, anggota DPRD Dompu di Desa Mangge Asi, Kecamatan Dompu, Senin (7/82017). (sarwon/lakeynews.com)

HBY: Sedikit yang Berangkat, Bukan tidak Ada yang Daftar

DOMPU, Lakeynews.com – Tahun ini, Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Dompu yang akan ke tanah suci Makkah sebanyak 89 orang. Menurut Bupati H. Bambang M. Yasin (HBY), jumlah tersebut lebih sedikit dibanding tahun lalu. Hal tersebut disebabkan panjangnya antrean daftar tunggu, sementara kuota sedikit.

“Jumlahnya lebih sedikit dari tahun lalu, bukan karena tidak ada yang daftar. Banyak yang daftar. Bahkan, saking banyaknya yang daftar, sampai 23 tahun kedepan warga Dompu masuk daftar tunggu,” kata HBY.

Karena itu, HBY mengimbau warganya hendak berhaji agar segera mendaftarkan. “Jangan ditunda-tunda, segera daftar supaya tidak terlalu lama menunggu,” imbuhnya pada acara Syukuran Haji orangtua (ibunda dan ayahanda) Kurnia Ramadhan, anggota DPRD Dompu di Desa Mangge Asi, Kecamatan Dompu, Senin (7/82017).

“Hasil jagung tahun ini, tahun depan, langsung disisihkan untuk daftar haji. Semakin lama menunda pendaftaran akan semakin lama pula menunggunya,” sambung HBY.

HBY juga mengingatkan semua lapisan warganya (PNS, petani, dan lainnya) agar tidak berputus asa. PNS misalnya, jangan karena hanya bergolongan dua, lalu berkecil hati dan merasa tidak mungkin bisa berangkat menunaikan ibadah haji. Demikian juga petani, HBY pun meminta tidak berkecil hati.

HBY kemudian mengisahkan, penjual es yang sukses berhaji bersama istrinya. Awalnya berjualan es dengan menggunakan gerobak kecil, kemudian ganti dengan gerobak agak besar, selanjutnya dengan pakai motor.

“Bertahun-tahun hasil (keuntungan) dari berjualan es ditabung. Akhirnya dia berhasil naik haji bersama istrinya,” urai HBY memotivasi warganya.

Sayangnya dimana kisah penjual es yang berhaji dengan istrinya itu, tidak terlalu dibeberkan Bupati HBY. Yang terpenting baginya, warga Dompu harus punya niat dan tekad yang kuat untuk berhaji. “Dari sekarang harus punya niat dan kemauan untuk menunaikan ibadah haji,” tandasnya.

Pada sisi lain, HBY mengingatkan JCH untuk tidak membawa pakaian atau makanan yang berlebihan. “Bawa saja uang yang banyak. Apa yang kita butuhkan dan kita inginkan, semuanya sudah ada di Makkah. Pakaian bagus, makanan enak, ada semua di sana,” tuturnya.

Pernyataan senada dilontarkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dompu Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M.Si, saat pelepasan JCH 2017 Masehi/1348 Hijriah oleh Bupati di Mushalla Arrahman Pendopo Bupati, Sabtu (5/8/2017).

“Sampai saat ini JCH Kabupaten Dompu yang masuk daftar tunggu berdasarkan data Siskohat Kemenag RI mencapai 3.6698 orang. Perkiraan masa tunggunya paling lama 23 tahun atau akan berangkat tahun 2040,” ungkap Syamsul. (zar)