Para peserta pertemuan Bappeda-Litbang Dompu bekerjasama dengan Plan Indonesia di Gedung PKK, Rabu (18/01). (foto ist/lakeynews.com)

Bappeda-Litbang dan Plan Indonesia Bahas Sanitasi Berbasis Masyarakat

DOMPU, Lakeynews.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Dompu bekerjasama dengan Plan Indonesia mengadakan rapat dan membahas Sanitasi Berbasis Masyarakat di Gedung PKK Dompu, Rabu (18/01) itu.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Bappeda-Litbang yang diwakili Kabid Perencanaan Sosial dan Budaya Jufrin, ST, M.Si, serta camat, kepala desa dan perwakilan masyarakat.

Menurut Jufrin, kegiatan tersebut, untuk mewujudkan peningkatan kualitas air minum dan kualitas kehidupan dan kehidupan masyarakat dalam mencapai kesejahteraan. Selain itu, memberikan informasi bagi pemangku kepentingan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (AMPL-BM).

“Kegiatan ini juga untuk meningkatan kemampuan dan penerapan prinsip keberlanjutan pembangunan AMPL-BM di Dompu,” ungkapnya saat itu.

Mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah daerah telah menetapkannya melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Dompu Nomor 08 Tahun 2012 tentang AMPL-BM. Dalam Perda itu, kata Jufrin, disebutkan bahwa setiap orang tidak boleh Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat.

“Halaman rumah, lapangan umum, drainase, pantai, gunung dan tempat-tempat umum lainya tidak boleh membuang air besar. Yang tidak memenuhi ketentuan ini akan diberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan,” tegasnya.

Disamping itu, dalam Perda juga disebutkan bahwa setiap rumah baru dan rumah yang ada penghuninya wajib dilengkapi dengan jamban keluarga. “Kalau tidak, akan dikenakan sanksi berupa kurungan paling lama tiga bulan dan atau denda paling banyak Rp 5 juta,” ujarnya. (zar)