Wahyuddin, S.Sos, M.Si (depan, paling kiri), salah satu ASN di Pemkab Dompu yang sudah sekitar 14 tahun berputar di empat jabatan Eselon III. (foto ist/lakeynews.com)

 

Sisi Lain Mutasi Pejabat di Lingkup Pemkab Dompu

 

DOMPU, Lakeynews.com – Miris. Kalau ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memangku dan berputar dengan jabatan Eselon III hingga 14 tahun berjalan, maka dialah Wahyuddin, S.Sos, M.Si. Pria yang akrab disapa Aba Yu itu, telah dipercaya memegang jabatan Eselon III mulai tahun 2003 lalu.

Di Bakesbang Poldagri saja memegang jabatan Eselon III sampai empat kali. Selain itu, sederet jabatan di eselon yang sama juga pernah diduduki Aba Yu, yakni Sekretaris KPU Dompu, Camat Dompu, Kabid di BPMPD, Kabag Humas dan Protokol Setda, Kabid Dikmen, Kabid Pemuda Olahraga dan Sekretaris Dinas Dikpora Dompu.

“Alhamdulillah, saya bisa melaksanakannya dengan baik. Inilah ketentuan Allah yang ndak bisa kita hindari. Allah Maha Penentu dan Allah Maha Tau apa yang terbaik untuk umatnya, ya dinikmati saja saudaraku yang penuh perhatian,” ujarnya.

Beberapa tahun terakhir dia menjabat Sekretaris Dinas Dikpora. Pada mutasi pejabat yang berlangsung awal Januari 2017 ini, dia dikembalikan lagi ke Bakesbang Poldagri. Pun untuk memegang salah satu jabatan Eselon III, kali keempat di instansi itu.

Berputar-putar di posisi yang sama selama sekitar 14 tahun, tidak membuatnya berkecil hati. Bahkan, di media sosial Facebook secara jantan dan berbesar hati, Wahyuddin menyatakan rasa syukurnya pada Sang Pencipta atas rahmat dan karunia yang diberikan pada dirinya.

“Alhamdulilah, kuawali karir menjadi Eselon III di Kesbang Tahun 2003. Sekarang kembali diberi rahmat untuk keempat kalinya di tempat yang sama (Eselon III, red) dan mungkin menjadi penutup perjalanan karirku di sana pula. Terimakasih ya Allah SWT atas rahmat dan karuniamu yang tiada terputus,” ungkap pemilik akun FB ”Wahyuddin NTB” dalam statusnya, Jumat (6/1).

Statusnya tersebut mendapat respons positif yang luar biasa dari warga Dumay. Hingga berita ini ditulis, Sabtu (7/1) sekitar pukul 22.43 Wita, sudah mendapat 354 like (disukai) dan 190 komentar, serta dua kali dibagikan.

Komentar-komentar yang menanggapi statusnya lumayan ramai dan variatif. Salah satunya oleh pemilik akun Simpe Yadin, mengatakan, “Amin…moga kita tetap tabah menerima apa yang telah direncanakan oleh Allah SWT kepada kita semua. Alhamdulillah wasyukrillah.” Simpe Yadin juga mengatakan, “Kita patut bersyukur atas apa yang telah diberikanNya, semoga kita semua tetap dalam lindungannya. Amin”.

Pemilik akun Muhammaddin Din, juga lebih menginspirasi dan menyemangati. “Pak Wahyuduin masih bagus. Kalau saya, semua kaget. Saya dimutasi menjadi Kepala Balai ESDM Pulau Sumbawa, padahal tinggal setahun akan pensiun. Sebelumnya enam tahun Kabid Energi, enam tahun Kabid Geologi Sumberdaya Mineral, empat tahun sekretaris. Ini namanya hidup, ada senang ada susah. Sebenarnya saya lebih senang di Mataram walau non job. Tapi katanya, karena saya senior harus merintis balai yang wilayahnya mulai KSB (Kabupaten Sumbawa Barat) sampai Kota Bima. Kita ambil hikmahnya,” ajaknya.

Pemilik akun Heru Ridho, lain lagi. “Yang penting tetap menjadi teladan bagi junior,” katanya berharap. Ratusan komentar lain, selain memberikan ucapan selama, mendoakan dan lainnya, juga memberikan harapan besar pada sosok Wahyuddin ini. (zar)