Bekas Asisten I Setda Kota Bima yang juga mantan Kepala Dishubkominfo, Syahrullah saat menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Mataram. (foto ji/lakeynews.com)

MATARAM, Lakeynews.com – Kasus korupsi dengan terdakwa bekas Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bima (Kobi) Syahrullah sudah diputus Pengadilan Tipikor Mataram. Namun, vonis yang dijatuhi majelis hakim terhadap terdakwa lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bima.

Karena itu, JPU pun memastikan banding atas putusan terhadap pria yang juga mantan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Bima itu.

Diketahui, majelis hakim menjatuhkan vonis dua tahun penjara dan denda Rp 50 juta terhadap Syahrullah. Sementara, JPU menuntut terdakwa tujuh tahun enam bulan penjara.

JPU Lalu Muhammad Rasydi menegaskan, pihaknya menyatakan banding karena vonis yang diberikan majelis hakim terhadap terdakwa jauh lebih rendah dari tuntutan. “Kami memutuskan untuk banding,” kata dia.

 

Terdakwa pun Banding

 

Bukan hanya JPU. Penasihat Hukum terdakwa Syahrullah, Syarifuddin Lakuy, pun menyatakan bahwa kliennya akan banding. ’’Kita juga akan banding,’’ kata Syarifuddin didampingi penasihat hukum lain, Deddy Cahyadi di Pengadilan Tipikor Mataram, Selasa (20/12).

Ia menjelaskan, terdakwa memutuskan menempuh jalur hukum lain karena jaksa sudah resmi banding. Pihaknya diberikan waktu selama tujuh hari pascaputusan di Pengadilan Tipikor Mataram untuk mengajukan banding

Kendati menyatakan banding, Syarifuddin mengungkapkan, kliennya juga akan mengembalikan kerugian keuangan negara secara bertahap. “Kami sedang usahakan kembalikan kerugian negara,’’ terangnya.

Sebagaimana diketahui, saat pengadaan tanah berlangsung, Syahrullah sedang menjabat Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bima. Pemkot membeli lahan seluas 20,7 are pada 2013. Anggaran yang dihabiskan untuk pengadaan lahan itu Rp 685 juta.

Pengadaan itu bermasalah dan merugikan negara Rp 650 juta. Namun, kasusnya digarap pihak penegak hukum ketika Syahrullah menjabat Kepala Dishubkominfo Kota Bima. (ji)