Acara pelepasan 124 peserta Prakerin SMKN 1 Pekat, serta pose bersama para peserta Prakerin dan guru pendamping, Senin (27/9). (ory jeho/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – SMKN 1 Pekat Kabupaten Dompu, Senin (27/9) melepas 124 siswa (peserta) Praktik Kerja Industri (Prakerin) 2021. Mereka akan praktik di sejumlah Dunia Usaha (DU) dan Dunia Industri (DI) di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketika melepas peserta Prakerin, Kepala SMKN 1 Pekat Aidul Akbar, S.Pt, mengatakan, Prakerin merupakan kegiatan yang harus ditempuh dan wajib diikuti oleh semua siswa.

Hal tersebut, disamping sebagai bagian dari kegiatan akademik, juga agar siswa bisa belajar langsung ke masyarakat. Seperti mengaplikasikan langsung pengetahuan yang diperoleh dalam kelas melalui dunia usaha dan dunia industri.

“Manfaatkan kesempatan dan gunakan waktu sebaik mungkin. Sehingga nanti kalian akan menjadi alumni yang siap bekerja sesuai  moto kita, SMK BISA,” imbuh Aidul.

Aidul menitipkan harapan kepada guru-guru pendamping dan peserta Prakerin supaya selalu menjaga nama baik dan almamater sekolah.

Sementara itu, Wakasek Kurikulum  Rizky Saputra, SST.Gr, siswa angkatan ke 13 itu, akan melaksanakan Prakerin selama tiga bulan di beberapa Dunia Usaha (DU) dan Dunia Industri (DI) di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“124 siswa yang mengikuti Prakerin akan ditempatkan pada sejumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Dompu, Bima, Lombok Timur dan Kota Mataram,” ungkap Rizky.

Hasil koordinasi dengan beberapa perusahaan, pihaknya sudah melakukan pendataan. Peserta Prakerin dibagi berdasarkan kebutuhan dunia usaha dan sesuai kompetensi.

“Kami sudah koordinasi dengan perusahaan tapi karena pandemi Covid-19, pesertanya kita bagi sesuai dengan kesiapan perusahaan tersebut,” terang Rizky.

Dijelaskannya, Prakerin tahun ini pihak sekolah menempatkan 20 peserta Kompetensi Agrobisinis Ternak Ruminansia pada BPTHMT Serading Kecamatan Pekat dan UPTD Peternakan Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu.

Kemudian 24 peserta dari Kompetensi Agrobisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura ditempatkan pada UD. Kreatif Sila, UD. Flamboyan, UD. Sikas dan UD. Taman Bunga, Kabupaten Bima.

Sementara Kompetensi Agrobisnis Tanaman Perkebunan sebanyak 19 orang ditempatkan pada CV. Tri Utami Jaya Mataram dan PT. Sanggar Agro Karya Persada Kabupaten Bima.

Sedangkan untuk Kompetensi Alat Mesin Pertanian sebanyak 21 peserta ditempatkan pada PT. Roda Tani Mataram, BPP Kecamatan Hu’u dan PT. Maju Karya Lestari Doropeti Kecamatan Pekat (Dompu).

Berikut 20 peserta Kompetensi Teknik Reklamasi dan Rehabilitasi Hutan ditempatkan pada KPH Rinjani Timur, Kabupaten Lombok Timur, serta KPH Tofo Kecamatan Pajo dan KPH Ampang Riwo Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu.

Terakhir, 16 peserta Kompetensi Nautika Kapal Penangkap Ikan ditempatkan pada UD. Tuna Sanggar, Kabupaten Bima dan UD. Wahyu Kilo, Kabupaten Dompu. (orj)