Serah terima jabatan pengurus Komite SMK Negeri 1 Pekat. Dari kiri; ketua komite yang lama Arifin Umar, S.Pd, Kepala SMKN 1 Pekat Aidul Akbar, S.Pt dan Ketua komite terpilih Alamsyah. (ory jeho/lakeynews.com)

DOMPU, Lakeynews.com – Meningkatkan hubungan dan kerja sama yang baik antara sekolah dengan wali murid dan masyarakat, SMKN 1 Pekat melakukan perombakan dan pengukuhan pengurus baru komite sekolah tersebut.

Perombakan kepengurusan komite tersebut seiring berakhirnya masa kepengurusan yang lama. Dalam musyawarah pembentukan komite yang digelar di halaman sekolah itu disepakati, Alamsyah didaulat secara aklamasi sebagai Ketua Komite yang baru, menggantikan Arifin Umar, S.Pd.

Sementara Arifin Umar kini terpilih menjadi wakil ketua komite yang baru. Untuk posisi Sekretaris dan Bendahara dipilih oleh ketua terpilih.

Rizki Saputra, SST, perwakilan guru SMK Negeri 1 Pekat sebagai Sekretaris dan Lasmini, S.Pd sebagai bendahara.

Saat menyampaikan sambutan, Ketua Komite Sekolah Demisioner Arifin Umar menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah menjalin kerja sama dengan masyarakat melalui komite sekolah.

Selama ini, pihak sekolah selalu melibatkan komite sekolah sebagai perwakilan masyarakat dalam segala upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah itu. Mudah-mudahan kedepannya, hal tersebut tetap terjalin demi meningkatkan mutu SMKN 1 Pekat.

Arifin mengharapkan masyarakat membantu pihak sekolah untuk membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. “Bukan sedikit-sedikit datang ke sekolah menemui guru karena anaknya dihukum. Tidak mungkin guru-guru di sekolah menghukum siswa tanpa kesalahan yang dilakukannya,” tegasnya.

Ketua komite terpilih, Alamsyah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dipilihnya sebagai ketua Komite SMKN 1 Pekat. Dia menegaskan, tidak bisa bekerja maksimal tanpa dukungan semua pihak.

“Insya Allah amanah ini saya jaga dengan baik. Saya akan korbankan waktu saya untuk membantu pihak sekolah dan mendukung kemajuan sekolah,” janjinya.

Tampak depan SMK Negeri 1 Pekat Kabupaten Dompu, dilihat dari jalan raya. (ory jeho/lakeynews.com)

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Pekat Aidul Akbar, S.Pt pada momen itu mengucapkan terima kasih terhadap kerja sama yang telah dilakukan oleh pengurus komite yang lama. Banyak sekali dukungan dan ide-ide masyarakat untuk kemajuan SMKN 1 Pekat.

Kepada pengurus baru, dia berharap agar bisa menjalin kerja sama yang baik demi kemajuan sekolah. “Kami di sekolah sangat membutuhkan masukan dan ide-ide cemerlang dari masyarakat melalui komite sekolah. Bajunya sekolah adalah komite sekolah,” tegasnya.

Saat ini, lanjut Aidul, SMKN 1 Pekat sudah mulai tenar di berbagai kalangan, baik tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi. Banyak prestasi yang diraih siswa di berbagai kegiatan.

Hal itu semua tidak mungkin mampu diraih sekolah tanpa dukungan dan dorongan dari masyarakat melaui komite. “Insya Allah, SMK Negeri 1 Pekat akan mampu bersaing dengan sekolah sederajat yang ada. Tentunya dengan dukungan kita semua,” paparnya.

Pantauan Lakeynews.com saat kegiatan berlangsung, selain melakukan perombakan dan pengukuhan kepengurusannya, komite sekolah langsung menyepakati beberapa hal yang menjadi kebutuhan sekolah.

Salah satunya berkaitan dengan keuangan. Yakni untuk pengadaan seragam jurusan Rp. 185 ribu, seragam olahraga Rp. 150 ribu, topi Rp. 35 ribu, dasi Rp. 28 ribu, logo lokasi sekolah Rp. 5.000, logo sekolah Rp. 10 ribu, logo kelas/jurusan Rp. 10 ribu dan ikat pinggang sebesar RP. 45 ribu.

Semua kesepakatan pengadaan atribut tersebut merupakan inisiatif pengurus komite yang terbentuk dan dibebankan kepada swadaya wali murid. Sementara pihak sekolah hanya dilibatkan untuk memfasilitasi pelaksanaan musyawarah dan mufakat pengurus komite sekolah. (orj)